Sunday, August 26, 2012

Black Licorice Mengandung Timbal Ditarik Dari Peredaran


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Permen dengan warna hitam pekat bermerek Red Vines Black Licorice Twists ditarik dari peredaran di California. Menyusul penemuan yang mengejutkan dengan adanya sejumlah kandungan timbal berbahaya dalam produk permen ini.

Penemuan ini menyebabkan ditariknya produk ini oleh American Licorice Company, perusahaan yang memilki merek Red Vines, untuk semua kemasan 16 oz Black Licorice dengan tanggal kadaluarsa 4 Februari 2013. Permen berwarna hitam ini rasanya pedas manis mirip obat batuk hitam. Sangat disukai anak-anak dan orang dewasa.

Petugas kesehatan California menemukan permen yang dikeluarkan baru-baru ini ternyata teruji positif mengandung kadar timbal yang tinggi. Dalam website resminya California Department of Public Health mencantumkan jumlah kadar timah dalam permen ini.

Analisis terbaru menunjukkan produk permen ini mengandung sebanyak 0,33 bagian per juta dari timbal. Konsentrasi timbal ini bisa mencapai 13,2 mikrogram timbal per porsi. Anak di bawah 6 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 6,0 mikrogram timbal per hari dari semua sumber makanan.

Konsumsi timbal dapat menjadi racun bagi organ tubuh dan perkembangan otak. Sangat berbahaya bagi anak-anak dan wanita hamil. Di situsnya, American Licorice Co. of Union City tidak menawarkan penjelasan bagaimana timbal dapat masuk ke produk mereka, tetapi menekankan bahwa mereka bekerja untuk memperbaiki situasi ini.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment