Tuesday, August 28, 2012

Ditemukan Solusi Agar Pisang Tak Cepat Berubah Warna


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Buah pisang selain menyehatkan juga bisa mengenyangkan perut. Namun kendalanya, buah ini cepat mengalami perubahan warna dan kualitas. Hasilnya, buah pisang yang terlambar dikonsumsi akhirnya harus dibuang percuma.

Peneliti asal China dari Tianjin University of Science and Technology mengaku jika mereka sudah menemukan solusi ampuh untuk menghindari pisang cepat berubah warna dan membusuk. Hasilnya, kualitas pisang akan bertahan lebih lama dan kulit pisang tak cepat berubah warna menjadi kehitaman.

Pisang yang dilepaskan dari tandannya akan terkena oksigen lebih banyak dan mengeluarkan karbon dioksida lewat kulitnya. Makin lama buah pisang terkena udara, maka pisang akan semakin cepat matang dan membusuk.

Yang digunakan adalah lapisan luar hydrogel yang dibuat dari chitosan. Chitosan dihasilkan dari cangkang udang dan kepiting. Caranya adalah tinggal menyemprotkan larutan yang mengandung chitosan tersebut. Hasilnya, usia dan kualitas pisang bisa bertahan hingga 12 hari tanpa berubah warna dan tingkat kematangan. Nantinya, metode ini bisa digunakan di rumah, supermarket, ataupun saat pengiriman barang.

Para peneliti mengemukakan hasil temuan ini di depan peserta National Meeting & Exposition of the American Chemical Society di Philadelphia. Hasil penelitian ini diperkirakan bisa menyelamatkan miliaran kilogram pisang yang terbuang percuma, padahal pisangnya berkualitas.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment