Tuesday, August 14, 2012

Makan Telur Saat Hamil Bantu Kurangi Stres pada Bayi


Mutiara Adistie Putri - detikFood Jakarta - Saat hamil kebutuhan nutrisi harus dipenuhi agar janin tumbuh sehat. Namun, banyak ibu yang merasa stres saat hamil. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan. Dengan makan telur secara teratur kondisi tersebut bisa dihindari.

Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan bahwa meningkatkan asupan kolin selama kehamilan, dapat mengurangi risiko bayi terkena stres yang berhubungan dengan penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes kelak. Kolin merupakan nutrisi dalam jumlah tinggi yang ada pada telur.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kolin dapat membantu melindungi ibu hamil terhadap efek stres selama kehamilan. Penelitian sebelumnya menyebutkan jika depresi atau kecemasan ibu dapat berakibat anak rentan terhadap stres akibat penyakit dan kondisi kronis.

Temuan ini menarik karena asupan kolin yang tinggi pada ibu hamil dapat melawan beberapa efek merugikan dari stres sebelum melahirkan. Seperti pengembangan perilaku, neuroendokrin, dan metabolik pada keturunannya, kata Marie Caudill, PhD dari Cornell University, seorang penulis studi dan peneliti kolin.

Kolin penting untuk wanita hamil karena telah terbukti berperan dalam perkembangan otak janin dan bayi. Juga dapat mempengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan kemampuan belajar.

Selain itu penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dengan diet rendah kolin, memiliki risiko empat kali lebih besar untuk memiliki bayi dengan cacat tabung syaraf, seperti spina bifida. Selain itu, kolin memiliki manfaat lain yaitu pencegahan kanker payudara, juga anti inflamasi.

Telur adalah sumber kolin yang sangat baik. Satu butir telur mengandung 125 mg kolin. Hal ini ditemukan dalam kuning telur. Neva Cochran, ahli diet terdaftar dan konsultan gizi, menjelaskan bahwa manfaat gizi telur tidak hanya terbatas pada kolin.

Tidak hanya mengandung kolin, telur juga mengandung nutrisi lain yang paling dibutuhkan bagi wanita hamil, seperti protein kualitas tinggi, zat besi, dan folat. kata Cochran. Studi ini telah dipublikasikan dalam edisi terbaru Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment