Wednesday, August 22, 2012

Petah, Si Lembut Gurih Khas Banjar


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kalau berlebaran di kota asal pasti ada sajian khas tradisional yang sulit dijumpai di Jakarta. Seperti kue yang satu ini, disajikan saat Lebaran selain ketupat dan lauk-pauknya. Kue yang dikukus ini dimakan dengan kuah santan kental yang gurih.

Kue petah disebut juga dengan petah Asia. Warnanya yang hijau selalu disajikan saat lebaran di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bahan untuk membuat kue ini mudah didapat, seperti tepung beras, air pandan dan daun suji, kapur sirih, serta garam.

Semua adonan dicampur dan didihkan sambil diaduk hingga kental. Setelah itu adonan bisa dituang pada loyang yang sudah diolesi minyak dan kukus hingga matang. Rasanya yang gurih lezat ini dipotong-potong tipis bentuk wajik.

Tidak lengkap rasanya jika dimakan tanpa disiram sausnya. Sausnya disebut 'tahi lala' atau santan kental. Untuk membuat kuahnya juga sangat mudah. Rebus santan kental bersama bersama garam hingga berminyak. Jika ingin disiram diatas kue petah yang matang baru taburi bubuk merica dan bawang goreng.

Kue talam khas Kalimantan Selatan ini, mungkin hanya bisa dijumpai di kota asalnya. Terutama saat bulan puasa, hampir setiap hari bisa dibeli di pasar wadai atau pasar jajan pasar dan kue di Banjarmasin. Rasanya yang gurih lembut sangat cocok buat sajian berbuka atau menjamu tamu.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment