Sunday, August 12, 2012

Rose Mirror Cake, Kue Kaum Muslim Xian


odi - detikFood Jakarta - Tampilannya sangat mirip dengan serabi. Banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima di daerah muslim Xian, China. Rasanya kenyal gurih dengan pelengkap aneka selai buah juga kacang-kacangan. Bisa juga dinikmati langsung dengan tusukan kayu seperti lolipop.

Nama aslinya babao meigui jing gao, diterjemahkan menjadi eight treasure rose mirror cake atau delapan harta karun kue mawar kaca. Kue ini adalah jajanan muslim yang sangat terkenal dari daerah Xian, China.

Kue ini sangat mudah ditemukan di daerah Muslim di daerah Xian. Daerah muslim ini sendiri menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para turis mancanegara. Saat senja, daerah ini ramai dipenuhi penjual makanan kaki lima. Salah satunya adalah penjaja kue ini.

Eight-treasure Rose Mirror Cakes diwariskan oleh seorang tokoh diet terkenal bernama Ma in Xian. Secara tradisional kue ini terbuat dari ketan tanpa gula yang dicetak di cetakan kayu bundar. Aroma khas kue ini berasal dari taburan gula dan saus manis yang terbuat dari pasta bunga mawar yang dituangkan di atasnya.

Salah satu yang unik dari kue ini, setelah matang kue dikeluarkan dari cetakan menggunakan sumpit. Jika mau bisa juga ditusuk dengan tusukan kayu sehingga mirip lollipop beras berlumuran kacang. Untuk menarik pembeli, para penjual kue ini biasanya menghias topping kue dengan gambar-gambar lucu dengan berbagai warna selai buah.

Banyak variasi cara menikmati kue ini, ada yang menikmati kue ini dengan dicelup terlebih dahulu dalam wijen hitam dan pasta mawar. Ada banyak varian rasa kue ini, seperti strawberry, blueberry, melon, nanas, apel, dan rasa pedas.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment