Wednesday, August 15, 2012

Sehabis Dikupas, Buah Sebaiknya Langsung Dihabiskan


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Seringkali, buah yang sudah dikupas tak langsung dimakan. Biasanya disimpan beberapa waktu dan baru disajikan sehabis menyantap menu utama. Namun menurut beberapa pakar kesehatan, sebaiknya buah yang sudah lama dikupas/diiris tak lagi dikonsumsi. Mengapa?

Buah tentunya bagus untuk dikonsumsi. Teksturnya yang segar enak dengan kandungan nutrisinya yang tinggi membuatnya selalu dikonsumsi. Namun tanpa pendinginan dan kebersihan yang tepat, buah-buahan justru malah mengundang bahaya bagi tubuh. Seringkali di restoran, buah dan sayur sudah dipotong terlebih dulu dan disimpan selama beberapa jam.

Mengonsumsi irisan buah apel, melon, pepaya, pir, dan juga kiwi yang telah terkena temperatur tinggi atau tidak dibersihkan secara sempurna bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh. Dikhawatirkan, di dalamnya mengandung bakteri tersembunyi yang membahayakan. Apalagi dengan cuaca yang panas, membuat buah dengan cepat teroksidasi.

Karena proses oksidasi tersebut, Anda sebaiknya langsung memakan buah-buahan sesaat setelah buah dikupas dan diiris. memasukkan buah dan salad dalam menu makanan bisa memberikan nutrisi lebih bagi tubuh, namun pastikan jenis buahnya selalu berganti dan dikupas sesaat sebelum disajikan, kata ahli gizi Jane A Darakjian.

Darakjian merekomendasikan untuk mengiris dan mendinginkan buahnya maksimal satu hingga satu setengah jam saja. Jika ingin menikmati salad, olah salad sesaat sebelum dimakan. Sebelum dikonsumsi, jangan lupa mencuci dan membersihkan seluruh permukaan buah hingga bersih.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment