Wednesday, August 15, 2012

Sheera, Si Cantik Manis dari India


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Tampilan dessert ini mirip puding. Rasanya manis dengan tekstur kenyal lembut. Dibuat dari campuran tepung semolina, ghee, susu, gula, kacang-kacangan, dan kapulaga. Selain legit dan tampilannya cantik, pencuci mulut ini digemari karena semerbak aromanya.

Dessert ini dikenal dengan berbagai nama. Dalam bahasa Konkani disebut Sheera atau Sanja. Dalam bahasa Bangalore-kannada dinamakan Baath. Sheera biasanya disajikan sebagai persembahan untuk pooja (ibadah penyembahan), seperti laxmi pooja, ibadah untuk dewi laksmi dan Sathyanarayana pooja, ibadah pernikahan atau hajatan rumah.

Selain persembahan, masyarakat India juga mengonsumsi Sheera saat sarapan pagi karena kandungan gula dan gandum di dalamnya bisa menambah energi. Harga sheera yang dijual di India cukup murah hanya sekitar Rp. 1.200,00 saja per piring

Bahan pembuat dessert ini antara lain, semolina (butir gandum yang diproses), minyak samin, susu hangat, gula, pisang, kacang-kacangan, kapulaga bubuk. Untuk membuatnya biasanya minyak samin dilelehkan dan dicampur dengan semolina lalu dipanggang hingga kuning keemasan.

Di panci berbeda, minyak samin dan kacang yang bisa dipilih jenisnya sesuai selera, diaduk dan dipanggang hingga matang. Jika suka buah biasanya bisa ditambahkan langsung seperti buah apel dan pisang. Selanjutnya susu dimasukkan dan dimasak hingga terserap habis dan semolina menjadi lembut. Gula, kacang-kacangan dan kapulaga ditambahkan terakhir. Adonan dicetak dalam piring atau mangkuk dan didinginkan.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment