Saturday, August 25, 2012

Total Limbah Makanan Orang Amerika Rp 1,6 Triliun Per Tahun


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Apakah Anda tipe orang yang suka menyisakan makanan untuk dibuang? Ini berarti Anda telah menghambur-hamburkan uang dan mengotori lingkungan. Total limbah makanan orang Amerika saja sudah berjumlah Rp 1,6 triliun setahun!

Peneliti dari program pangan dan pertanian Natural Resources Defense Council (NRDC) mengungkapkan bahwa orang Amerika membuang 40% makanannya setiap tahun. Jika dihitung secara kasar, limbah tersebut bernilai $165 miliar atau Rp 1,6 triliun.

Dalam laporan yang dirilis Selasa (21/8) lalu juga disebutkan bahwa rata-rata keluarga Amerika yang terdiri dari empat orang membuang $2,275 (Rp 21,6 juta) dalam bentuk limbah makanan setiap tahunnya. Angka ini naik 50% dibanding jumlah limbah makanan di negeri Paman Sam pada tahun 1970-an.

Sampah makanan tersebut banyak terdiri dari buah dan sayur yang tak terjual di pasar swalayan. Jumlah lain yang tak kalah besar adalah sisa makanan dari restoran dan konsumen yang tak menghabiskan pesanannya. Limbah makanan merupakan komponen terbesar dari sampah padat di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

"Kita membuang-buang hampir setengah dari makanan yang tersedia. Padahal, makanan tersebut adalah uang sekaligus sumber daya yang berharga untuk disia-siakan begitu saja," kata Dana Gunders, peneliti di NRDC, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut organisasi lingkungan nonprofit ini, mengurangi 15% sampah dari suplai pangan Amerika bisa membantu memberi makan 25 juta warga setiap tahunnya. Hal ini juga bisa mengurangi beban TPA.

NRDC meminta pemerintah Amerika Serikat memelajari kerugian dari sistem makanan tersebut dan menentukan sasaran untuk pengurangan limbah. "Tak peduli seberapa alami makanan kita dikembangkan, jika tidak dimakan, berarti kita tidak menggunakan sumber daya tersebut dengan baik," ujar Gunders.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

0 comments:

Post a Comment