Saturday, October 6, 2012

500 Pelaku Bisnis Industri Makanan Semarakkan Fi Asia 2012


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kebutuhan akan produk makanan di dunia mengalami peningkatan. Karenanya Food ingredients Asia (FiA) 2012 kembali digelar. Pameran ini melibatkan 500 pelaku bisnis di bidang industri bahan makanan.

Sejak lima tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan konsumsi makanan olahan. Tidak tanggung-tanggung angka peningkatannya hingga 41%. Indonesia juga menempati posisi pasar yang paling diminati untuk perdagangan bea dan cukai. Atas dasar ini juga, FiA 2012 kembali digelar di Indonesia. Tepatnya di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, tanggal 3 Oktober 5 Oktober.

Direktur Jenderal Agro Industri Kementrian Perindustrian, Ir. Benny Wahyudi turut hadir dan meresmikan pameran tahunan ini. 'Pertemuan ini dapat membahas dan mengatasi berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh Industri Makanan dan Minuman. Pada akhirnya bisa diperoleh hasil positif dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan daya saing,' ungkapnya dalam sambutan pembukaan.

Indonesia bisa bersaing untuk menciptakan industri makanan dan minuman yang lebih terbuka. Memberikan kesempatan pada industri lokal untuk terus meningkatkan daya saing produk makanan yang berkualitas. ujar Yusuf Hady, Ketua Komite Program dan Kerjasama GAPMMI, dalam pernyataanya.

FiA 2012 yang berlangsung dari tanggal 3-5 Oktober 2012 ini melibatkan sekitar 553 ekshibitor dari 39 negara di seluruh dunia seperti Eropa, Amerika, Australia dan Asia. Berbagai inovasi dan kemajuan industri makanan termasuk bahan baku kesehatan, bahan baku alami, bahan baku makanan, pengolahan bahan makanan akan dipamerkan langsung dimasing-masing stand yang sudah tersedia.

Matthias Baur selaku Portfolio Director (Food) UBM Live, juga mengakui peningkatan peserta FiA yang mencapai 50% dari tahun sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan karena, Fi Asia 2012 memberikan peluang bagi mereka untuk mengakses pasar yang berpotensi seiring dengan tran pertumbuhan industri pangan yang luar biasa,tegasnya.

Pameran dagang ini juga tak hanya memamerkan produk bahan makanan. Berbagai edukasi seputar produk makanan dengan inovasi terbaru disuguhkan dalam seminar pangan dan konferensi Internasional yang bisa disaksikan selama tiga hari berturut-turut.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment