Monday, October 15, 2012

Ajarkan si Kecil Memakai Sendok Sejak Usia 10 Bulan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Sebagian besar bayi tidak diajarkan menggunakan sendok hingga berusia satu tahun. Orang tua justru menyuapinya saat makan. Karena tidak dilatih, si kecilpun akan kesulitan menggunakan sendok saat menyuap makanannya.

Di usia 10 bulan, anak harus diajarkan memegang sendok makannya. Tujuannya untuk melatih saraf motoriknya hingga menjadi lebih terampil menggunakan sendok. Jika sudah terlatih makananpun bisa mendarat sempurna di mulutnya.

Saat melatihnya, pilihkan jenis makanan yang mudah menempel pada sendok. Seperti yogurt, mashed potatoes, oatmeal, makaroni dan keju, sayur dan buah yang dihaluskan.

Jika Anda khawatir si kecil tidak mendapatkan makanan yang cukup, bisa dibantu dengan menyuapinya. Misalnya, suapi dua sendok makan setelah ia menyuap makanannya sendiri dan bisa dilakukan berulang. Cara ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya kurang asupan nutrisi pada anak.

Jangan lupa buatlah waktu makan jadi hal yang menyenangkan, agar nafsu makannya meningkatkan. Orang tua dan pengasuhnya perlu lakukan hal ini untuk membantu si kecil bersikap baik saat makan.

Saat belajar makan si kecil akan mengingat jenis makanannya. Saat seperti ini, orang tua perlu kesabaran lebih agar si kecil dapat mempelajari berbagai macam rasa dan tekstur dari makanan barunya.

(fit/odi)

0 comments:

Post a Comment