Thursday, October 25, 2012

Berapa Banyak Kandungan Nutrisi Daging Sapi dan Kambing?


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Hari Raya Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban. Unta, kambing, sapi dan biri-biri merupakan hewan ternak yang bisa dikurbankan. Umumnya di Indonesia, sapi dan kambing dijadikan hewan kurban.

Daging sapi dan kambing dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Seperti gulai, semur, sup, soto dan banyak lainnya. Kedua sumber protein hewani ini mengandung nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Seperti yang dilansir fitday.com, daging sapi merupakan sumber mineral seperti zat besi, kalium, magnesium dan tembaga. Keempat nutrisi ini paling mudah diserap dibandingkan dengan mineral yang berasal dari nabati. Selain itu juga kaya akan vitamin, termasuk vitamin B12, B6, riboflavin, thiamin dan pantotenat.

Dalam 100 gram daging sapi mengandung 18,8 gram protein, 14 gram lemak dan 201 kkal energi, yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Namun pilihlah daging tanpa lemak yang merah dan masih segar. Selain itu dapat mengembalikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Juga membantu proses pembentukan enzim dan hormon.

Daging kambing juga kaya nutrisi. Per 100 gramnya mengandung 16,6 gram protein, 9,2 gram lemak, 149 kkal energi, juga vitamin dan mineral. Selain diketahui dapat meningkatkan dorongan seksual, daging kambing juga membantu proses pembentukkan sel darah merah. Juga meningkatkan sumber kekebalan tubuh.

Meskipun beraroma tajam daging ini cukup banyak penggemarnya. Biasanya diolah menjadi satai, gulai dan sup. Untuk menghilangkan baunya bisa menggunakan irisan mentimun, lobak atau air jeruk nipis dan taruh di atas daging.

Kedua sumber protein hewani ini juga perlu dibatasi konsumsinya. Guna mencegah peningkatan jumlah kolesterol penyebab penyakit jantung, hipertensi dan stroke.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment