Saturday, October 20, 2012

Bingung Mau Pesan Apa? Lihat Menunya di Instagram!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Setelah Friendster, Facebook, dan Twitter, banyak jejaring sosial populer bermunculan. Salah satunya adalah Instagram, tempat pengguna berbagi foto dengan sentuhan filter instan. Berbagai macam hidangan sering menjadi obyeknya.

Melihat tren ini, restoran Comodo di SoHo, New York City, Amerika Serikat, memanfaatkan Instagram sebagai 'buku' menunya. Restoran yang menyajikan hidangan Latin-Amerika ini menyebutnya 'Instagram Menu'.

Jika pelanggan bingung ingin memesan apa, tinggal cari saja 'ComodoMenu' di Instagram. Berbagai foto menarik yang dipajang pengguna dapat menjelaskan daftar menu cetak tanpa gambar yang tersedia di restoran.

Felipe Donnelly, pemilik Comodo, terinspirasi dari seringnya pelanggan memotret hidangan mereka. "Orang-orang senang memotret makanan. Kami ingin menggunakan apa yang sedang tren di jejaring sosial dan mengubahnya menjadi alat yang bermanfaat dan menyenangkan di restoran kami," ujarnya kepada Mashable (16/10/12).

Tulisan 'ComodoMenu on Instagram' tercantum di bagian bawah menu cetaknya. Kalau pelanggan menemukan hidangan yang ia inginkan, tinggal tunjukkan saja kepada pelayan. Para staf juga mempersilakan pengunjung untuk memotret hidangannya dan mengunggahnya ke Instagram. Tentu, 'ComodoMenu' tak lupa dicantumkan beserta ulasan tentang hidangan tersebut.

"Feedbacknya bagus. Mereka terus mengatakan betapa cerdas dan kreatifnya cara ini," kata Donnelly. Dengan melakukan hal tersebut, Comodo mendapat publikasi secara gratis karena memanfaatkan jejaring sosial.

Menurut Donnelly, makanan telah menjadi bagian dari budaya pop. "Seakan-akan para penggunanya ingin mengatakan 'Hey, lihat di mana saya berada, apa yang saya sedang makan, dan apa yang disajikan restoran ini.'," ucap Donnelly sambil tertawa, seperti dikutip dari Huffington Post (17/10/12).

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment