Wednesday, October 31, 2012

Crunchy Yummy di Bubba Gump Shrimp!


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Resto yang berada di keramaian Kuta, Bali ini memang sangat menarik untuk disinggahi. Menu serba udang menjadi andalannya. Cajun Shrimp yang lembut berbalut butter sauce terasa harum gurih disajikan diatas hot pan bersama dua potong garlic bread. Kontras dengan Dynamite Shrimp yang keriuk renyah!

Nama Bubba Gump Shrimp Co sudah menjadi perbincangan di kalangan pencinta kuliner. Sejak dibuka pertama kali di California sejak tahun 1996 lalu, hingga kini restoran ini telah tersebar di beberapa negara lainnya seperti Jepang, Hong Kong, Malaysia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia Bubba Gump Shrimp Co berlokasi di Komplek Pertokoan Kuta Centre, Bali. Restoran franchise asal Amerika dengan ikon seekor udang ini menawarkan hidangan seafood bergaya Amerika dengan shrimp alias udang jadi andalannya. Tak heran jika hampir sebagian besar pengunjung yang memadati bangku-bangku restoran ini merupakan turis asing.

Restoran dibuat berlangit-langit tinggi, sentuhannya mengingatkan saya akan restoran dan bar di film-film koboi Amerika yang pernah saya tonton. Lengkap dengan sebuah bar yang menempel di dinding. Malam itu Bubba Gump Shrimp Co cukup ramai dipadati oleh pengunjung, untunglah saya masih memperoleh meja kosong di salah satu sudut.

Perlengkapan wajib di setiap meja di restoran ini adalah, sebuah ember kecil yang berisi saus tomat dan sambal, serta segulung tisue. Kemudian ada plat berwarna biru dengan tulisan "RUN FORREST RUN" dan satu lagi berwarna merah "STOP FORREST STOP" yang ditempelkan bersama wadah garam dan lada. Wah, rupanya restoran ini juga menjadikan film Forrest Gump sebagai temanya.

"Selamat malam, sudah pernah makan disini sebelumya?" sapa sang pelayan yang menghampiri kami di meja sambil menyodorkan buku menu. "Kalau belum akan saya jelaskan. Di restoran ini jika memerlukan bantuan pelayan tinggal menggunakan lebel biru ini," ujarnya sambil menunjuk tulisan "RUN FORREST RUN" yang tadi saya pegang-pegang dengan rasa ingin tahu. "Sedangkan jika tidak, balik kembali ke plat merah "STOP FORREST STOP"," ujarnya sambil mencontohkan. Olala... akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah.

Hampir semua menu yang ditawarkan tampak menggoda selera. Cajun Shrimp, Shrimper's Net Catch, atau Shrimper's Heaven merupakan beberapa menu rekomendasi dari restoran ini. Jika tidak ingin sajian berbahan dasar udang, Captain's Fish and Chips, Sirloin Steak, aneka Sandwich, atau Burger bisa jadi pilihan. Menjadi incaran saya malam itu adalah Cajun Shrimp dan Dynamit Shrimp yang keduanya memakai bahan dasar udang. Kemudian Cheesy Fries dan Pink Lemon Ups! menjadi pelengkap makan malam saya.

Cajun Shrimp disajikan dalam hot pan hingga tampilannya cukup unik. Sajian ini berupa udang segar yang dikupas kulitnya dan dimasak dengan butter sauce yang memberikan aksen sedikit gurih. Diatasnya ditaburi petterseli dan ditambahkan pelengkap dua irisan French bread yang dioles tipis butter dan cincangan bawang putih.

Sajian gaya Amerika biasanya memang hanya diracik dengan bumbu-bumbu sederhana. Hmm... aroma harumnya butter dan bawang putih yang menusuk hidung membuat saya tak sabar ingin segera mencicipinya. Saat digigit tekstur udang terasa kenyal segar, sensasi manis alami udang menyatu dengan gurihnya butter, terasa begitu pas di lidah nyam... nyam!

Hidangan ini kontras dengan Dynamit Shrimp yang disajikan dalam wadah bambu dim sum. Udang ini dibalut tipis tepung dan digoreng renyah dan disajikan diatas garnish berupa irisan kol. Rasanya krenyes enak apalagi saat dicocolkan dengan saus sambal atau saus tomat. Cheesy Fries alias kentang goreng yang disajikan dengan topping bacon bites, chedar cheese sauce, dan sour cream juga langsung jadi favorit saya.

Pink Lemon Ups! yang berupa campuran soda dan pomegranate syrup menjadi pelepas dahaga yang pas. Minuman ini disajikan unik dalam gelas khusus yang memiliki lampu berkelap-kelip di bagian bawahnya. Rasanya memang tidak begitu istimewa namun cukup menyegarkan mengingat udara yang sedikit lembab malam itu.

Untuk harga makanan di Bubba Gump Shrimp Co berkisar antara Rp 35.000,00 - Rp 250.000,00. Meskipun sedikit agak mahal, namun beberapa sajian dihidangkan dengan porsi yang cukup besar sehingga cocok untuk dimakan beramai-ramai. Cajun Shrimp sendiri dihargai Rp 85.000,00 dan Rp 70.000,00 untuk Dynamite Shrimp. O ya, sebelum pulang saya pun menyempatkan diri untuk membeli beberapa merchandise Bubba Gump Shrimp di toko yang berada di area yang sama dengan restoran ini. Penyuka seafood, silahkan mampir!

Bubba Gump Shrimp Co

Komplek Pertokoan Kuta Centre

Jl. Kartika Plaza No.8X

Kuta - Bali

Telp: 0361-754028

Jam Buka: 11.00 - 23.00

Harga Makanan: Rp 35.000,00 - Rp 250.000,00.

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment