Thursday, October 11, 2012

Film Animasi 'Real Bears' Perlihatkan Efek Buruk Minum Soda


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Minuman soda manis sudah lama dituding sebagai biang obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya. Berbagai aksi untuk menghentikan konsumsi soda tak henti digalakkan. Yang terkini adalah kampanye melalui film animasi 'Real Bears'.

Real Bears merupakan film pendek yang diproduksi Center for Science in the Public Interest (CSPI) Amerika Serikat. Film animasi berdurasi 3 menit 47 detik ini menampilkan sebuah keluarga beruang kutub yang senang meminum soda. Ikon beruang kutub dan gambaran soda yang mereka minum tampak seperti menyindir Coca-Cola.

Bertolak belakang dengan iklan brand soda yang selalu ceria dan semangat, Real Bears justru menampilkan kisah tragis. Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak perempuan, dan anak laki-laki harus menghadapi berbagai masalah kesehatan akibat konsumsi soda berlebih.

Semua anggota keluarga beruang digambarkan mengalami obesitas, termasuk anaknya yang paling kecil. Sang ayah harus rutin suntik insulin karena menderita diabetes. Akibat kencing manis, ia juga mengalami disfungsi ereksi. Sementara itu, anak perempuannya tak dapat menggigit ikan karena giginya tanggal.

Yang paling parah, kaki kiri sang ayah harus diamputasi akibat diabetes. Setelah menyadari kebiasaan buruk mereka, sang ayah mengambil beberapa botol soda dan mengajak keluarganya membuang isi botol ke lautan.

Berkali-kali film ini menampilkan slogan 'Live Happy' (hidup gembira) yang diduga menyindir kampanye Coca-Cola dan Pepsi. Menjelang akhir cerita, muncul iklan soda di televisi dengan tulisan 'Be Happy, Dammit!'. Real Bearspun diakhiri dengan kalimat 'Dump the Unhappy!'.

"Coke dan Pepsi tidak menjual kegembiraan. Keduanya menjual produk miskin gizi yang dikonsumsi berlebihan sampai menyebabkan amputasi, disfungsi ereksi, dan kerusakan gigi yang menyakitkan," ujar Michael Jacobson, direktur CSPI, kepada Huffington Post (10/10/12).

CSPI bermaksud mengekspos kebenaran di balik soda kepada publik. Karena itulah, di website therealbears.org kebohongan-kebohongan industri soda ditampilkan dan dijawab dengan penjelasan ilmiah.

Di sela-sela adegan, diselipkan beberapa fakta mengenai akibat buruk soda terhadap kesehatan. Real Bears dikerjakan oleh Alex Bogusky yang dulu pernah menjabat di agensi iklan Crispin Porter + Bogusky. Film tanpa dialog ini memakai soundtrack 'Sugar' yang ditulis Jason Mraz khusus untuk proyek ini.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment