Friday, October 19, 2012

Halal Jadi Pintu gerbang Perdagangan Global


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Halal kembali jadi topik utama yang dibahas. Kali ini, dilaksanakan seminar internasional 'Halal is a New Frontier for Global Trading' yang dilaksanakan pada Jumat (19/10) ini. Dalam acara ini, hadir Dr. Winai Dahlan, Direktur Halal Science Centre Chulalongkorn University Thailand sebagai salah satu pembicara.

Menurut Dr. Winai, halal merupakan perintah pertama yang diturunkan oleh Allah SWT, yaitu pada saat Adam dilarang untuk memakan buah khuldi. Terlebih perintah memakan makanan halal yang tidak hanya untuk umat muslim, namun untuk seluruh manusia. Karenanya, diperlukan kerja keras untuk mencetak para ilmuwan halal.

Dalam acara yang dilaksanakan di Universitas Djuanda Bogor ini, Presiden World Halal Food Council, Lukmanul Hakim juga menjelaskan jika kini masyarakat lebih peduli pada makanan bergizi dan berkualitas. Kedua prinsip tersebut dipenuhi oleh makanan halal, yang membuatnya tak hanya dicari oleh warga muslim, namun juga warga non muslim.

Selain itu, pasar halal global sendiri dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan cukup signifikan tiap tahun. "Ini saatnya umat Islam bukan lagi sebagai objek tetapi juga sebagai pelaku," ungkap Lukmanul Hakim.

Di sisi lain, Doni Wibisono dari GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia) menyatakan jika halal bukanlah hal baru dalam perdagangan global, dan sangat penting keberadaannya. Alasannya karena produk halal digunakan oleh warga muslim dan juga nonmuslim, juga untuk memperluas pasar.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment