Wednesday, October 10, 2012

Ibu Hamil Dianjurkan Makan Dua Porsi Ikan Seminggu


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Saat hamil, ibu perlu meningkatkan konsumsi makanan bergizi. Selain banyak makan sayuran dan kacang-kacangan, ikan juga harus rutin dikonsumsi. Pasalnya ikan mengandung nutrisi hebat yang sangat dibutuhkan janin, khususnya untuk mencegah risiko terkena ADHD.

ADHD (attention deficit/hyperactivity disorder) merupakan masalah yang banyak dialami anak-anak di Inggris. Seperti dikemukakan dalam riset yang dilakukan Boston University of Public Health, makan ikan dua kali seminggu bisa menurunkan resiko anak terkena ADHD sebanyak 60%.

Namun tak semua jenis ikan baik dikonsumsi. Menurut Sharon Sagiv, wakil ketua peneliti seperti dimuat Dailymail (09/10/2012), tak semua jenis ikan masuk kategori baik dikonsumsi ibu hamil. Ancaman kandungan merkuri dalam ikan membuat para ibu harus cermat memilihjenis ikan yang dimakan.

Ditambahkan Sagiv, wanita hamil harus menghindari jenis ikan besar seperti tuna, karena biasanya mengandung merkuri yang tinggi. Lebih baik memilih ikan salmon. Mengonsumsi ikan bermerkuri justru bisa meningkatkan resiko ADHD seperti sulit berkonsentrasi dan sulit tidur.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine ini, didapatkan hasil jika kandungan merkuri pada ikan berpengaruh pada perilaku ADHD anak. Penelitian ini dilakukan terhadap 788 anak yang lahir di Massachusetts pada tahun 1993 dan 1998.

Mereka mengecek sampel rambut para ibu setelah melahirkan. Tujuannya mengecek kadar merkuri dan juga catatan makanan selama hamil untuk mengetahui jumlah ikan yang telah dimakan. Setalah anak berumur 8 tahun, peneliti meminta guru mereka mengevaluasi kelakuan mereka dan mengecek berapa banyak yang mengalami gejala ADHD.

Peneliti menemukan 1 mikrogram merkuri pad atiap gram rambut para ibu, atau sekitar 8 kali dari rata-rata yang ditemukan pada rambut wanita pada analisa berbeda. Hal ini menaikkan risiko 60% pada anak terkena ADHD. Anak-anak terlihat 60% lebih sedikit memperlihatkan kelakuan hiperaktif pada ibu yang makan 2 porsi atau lebih ikan setiap minggu.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment