Tuesday, October 16, 2012

Ikan Behau dan Padi Jadi Logo Hari Pangan Sedunia ke XXXII


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Hari Pangan Sedunia ke-32 akan berlangsung di Palangkaraya. Berbagai acara menarik akan disuguhkan seperti seminar, perlombaan, tur diplomatik dan gelar teknologi. Ikan behau yang merupakan logo Pemda Propinsi Kalimantan Tengah juga digunakan sebagai maskotnya.

Hari ini, 16 Oktober) adalah peringatan Hari Pangan Sedunia yang ke-32. Acara yang bertema Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani menuju Kemandirian Pangan berlangsung mulai tanggal 18-22 Oktober 2012 di Temanggung Tilung, Palangkaraya.

Acara HPS 2012 memang tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang berlangsung di Gorontalo. Namun ada satu hal yang membedakan, yaitu logo atau maskot. Logo kali ini didominasi oleh tiga warna yaitu hijau (pohon), kuning (padi) dan biru (ikan behau).

Seperti yang disebutkan pada situs haripangansedunia.com, masing-masing warna pada logo punya arti yang berbeda. Pada warna hijau terdapat gambar pohon atau simbol hutan yang artinya sebagai penyangga sumber pangan dan pelindung bagi bumi. Warna kuning (padi) merupakan simbol rasa optimis dalam pencapaian ketahanan pangan. Sedangkan warna biru (ikan behau) sebagai inspirasi keberadaan pangan alternatif. Kini ikan behau adalah logo Pemda Propinsi Kalimantan Tengah.

Ikan behau merupakan jenis ikan yang termasuk keluarga gabus. Banyak terdapat di perairan Kalimantan Tengah. Bisanya diolah menjadi abon dan digoreng kering. Ikan ini mengandung sejumlah albumin yang dapat membantu pemulihan tubuh para wanita setelah melahirkan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment