Wednesday, October 24, 2012

Inggris Perangi Obesitas Dengan Label Makanan


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Jumlah obesitas yang terus meningkat di Inggris, membuat Departemen Kesehatan Inggris melakukan tindakan praktis. Para pengusaha supermarket dan produsen makanan diminta menempelkan label pada makanan. Untuk makanan yang tidak sehat akan diberi label merah.

Departemen Kesahatan Inggris menghimbau pengusaha supermarket dan produsen makanan untuk memakai sebuah sistem standarisasi. Sistem ini untuk membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan pola makan, seperti obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Obesitas pada dewasa di Inggris telah meningkat sebanyak 300 persen sejak 1980. Jumlah ini berpengaruh pada setengah populasi selama 20 tahun. Justin King, Chief Executive dari supermarket Sainsbury menyatakan rencana ini sekali dalam satu generasi untuk meningkatkan kesehatan nasional.

Label makanan yang harus ditempelkan pada tiap kemasan makanan.Label merah, kuning tembaga, dan hijau akan menunjukkan tinggi, medium, atau rendahnya kandungan lemak, lemak jenuh , gula, garam, dan kalori pada produk tersebut. Dengan melihat label merah pembeli bisa beralih ke makanan yang lebih sehat.

Mengikuti anjuran dari Departemen Kesahatan Inggris, semua supermarket dan produsen makanan telah setuju akan rencana tersebut. Sistem ini bersifat sukarela karena pemerintahan mempunyai tanggung jawab pelabelan makanan kepada Uni Eropa.

Seprti dilansir daily mail (23/10/2012) Menteri Kesehatan Inggris akan mengumumkan rencana ini minggu depan sebelum mengadakan pertemuan dengan supermarket dan produsen makanan.

Label baru akan dibuat dalam bentuk tabel dan akan memasukkan Guideline Daily Amounts (GDA) untuk lemak, lemak jenuh, garam, gula, dan kalori, yang memberi informasi kepada konsumen berapa banyak konsumsi satu porsi akan berkonstribusi pada asupan maksimum setiap harinya.

Juru Bicara British Heart Fondation mengatakan, sistem pemberian label warna akan memberi kesempatan pada para pembeli untuk memilih makanan sehat secara cepat. Juga mendukung orang-orang supaya lebih tahu apa yang ada di piring mereka.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment