Tuesday, October 16, 2012

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Minumlah Jus Ceri!


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Susu hangat bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Namun, segelas jus ceri juga bisa memberikan manfaat yang sama. Temuan baru ini bisa diterapkan sebagai pengganti minum susu dan cokelat panas.

Seperti yang dilansir TimesofIndia (16/10/2012), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Britain's Northumbria University melihat beberapa orang yang selalu sehat karena minum dua porsi jus ceri. Secara acak peneliti melihat kebiasaan tidur mereka setelah minum jus.

Setelah tujuh hari pengamatan ditemukan adanya hubungan signifikan dengan kebiasaan tidur. Bahkan mereka yang mengalami sulit tidur atau kurang tidur bisa teratasi setelah minum jus ceri yang rasanya manis asam. Selain itu, waktu tidur mereka juga jadi lebih teratur.

Pola tidur dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, seperti stres dan lelah bekerja. Kandungan melatonin dalam buah ceri merupakan antioksidan untuk mengatasi sulit tidur. Karena cepat diserap tubuh, jus ceri dapat bekerja cepat.

Priya Karkera, seoranga ahli gizi dari India mengatakan, saat ini banyak orang yang menderita insomnia. Kebanyakan dari mereka mengonsumsi obat tidur. Namun ada cara alami yang bisa mengatasinya seperti jus ceri. Kandungan melatoninnya dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Buah ceri banyak tersedia di supermarket besar atau toko buah. Ada jenis yang oranye kekuningan dan ada juga yang ungu tua. Dijual kiloan atau perkemasan. Anda bisa membuat jus ceri sendiri di rumah dan minum setengah jam sebelum tidur.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment