Thursday, October 11, 2012

Kenyal-kenyal Gurih Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Kerupuk biasanya punya rasa gurih dengan tekstur kriuk renyah. Namun kerupuk yang satu ini justru basah dan kenyal enak. Kerupuk basah ini bentuknya mirip pempek dengan cita rasa gurih khas ikan belida. Makin nikmat jika dicocol dengan saus kacang yang pedas-pedas manis!

Jika Palembang punya pempek dan Bandung punya siomay plus seblak basah, maka Pontianak punya kerupuk basah. Disebut kerupuk basah karena dibuat dengan menggunakan komposisi yang sama dengan membuat kerupuk pada umumnya. Namun kerupuk basah tak diiris tipis, dijemur dan digoreng layaknya kerupuk.

Untuk membuatnya biasanya digunakan ikan air tawar, terutama ikan belida yang terkenal gurih enak. Bisa juga digunakan ikan tenggiri ataupun ikan gabus. Daging ikan yang sudah dipisahkan dari tulangnya dicampur dengan bawang putih yang dicincang halus, tepung kanji, daun seledri, air, dan garam.

Setelah semuanya tercampur rata dan kalis, kemudian dibentuk bulat panjang mirip pempek lenjer. Setelah selesai dibentuk, kemudian rebus di dalam air mendidih. Biasanya kerupuk basah ini langsung dipotong-potong sebelum dinikmati, namun ada juga yang menggorengnya terlebih dulu agar lebih renyah.

Nah, biasanya kerupuk basah dinikmati dengan sambal yang dibuat dari kacang tanah, cabe rawit, gula pasir, dan garam. Biasanya dijual dengan harga mulai Rp. 2.000. Jika mengunjungi Pontianak khususnya kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, jangan sampai ketinggalan mencicipi kerupuk basah yang nikmat ini!

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment