Tuesday, October 23, 2012

Koki Rumah Sakit Ini Olah Makanan Padat Jadi Smoothies


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Pasien dengan penyakit serius memiliki aturan makan tertentu. Salah satunya adalah ada yang tak bisa makan makanan yang padat. Seorang koki di St. Leonard Hospice, York, punya cara tersendiri, yaitu mengolah makanan gurih menjadi smoothies hangat yang tersaji cantik.

Walker menyulap menu cottage pie, ikan, kacang polong, juga ayam bakar jadi lebih menarik. Semuanya ia olah menjadi sajian smoothies yang gurih dan hangat. Misalnya, cottage pie dihaluskan, dan disajikan dalam gelas bir. Lengkap dengan pemberian foam di atasnya yang terbuat dari kentang yang dihaluskan.

Ada juga menu chicken dinner, yang dibuatnya menjadi cocktail berwarna kuning menyala dan tampak segar. Bahkan menu roasted vegetable and butter bean casserole diolahnya menjadi smoothies dan disajikan dalam gelas wine yang tinggi.

Hal ini tentu membantu para pasien di rumah perawatan ini. Apalagi St. Leonard Hospice merawat banyak pasien dengan berbagai jenis penyakit serius. Beberapa dari mereka tak bisa makan makanan padat, dan tentunya sajian smoothies ini jadi cara alternatif agar mereka tetap bisa mengonsumsi makanan sehat.

Menurut Walker, semua jenis smoothies ini memiliki rasa dan aroma yang sama. "Saya meminta para staf mencoba smoothie dari ikan, kentang dan kacang polong, dan mereka langsung mengetahui ini makanan apa, bahkan dari aromanya," kata Walker seperti dimuat dalam Dailymail (19/10).

Diakuinya, ia merasa tergugah untuk melakukan sesuatu pada pasien yang sulit makan makanan padat. "Bahkan satu pasien sulit makan makanan apapun, namun setelah rutin menyantap smoothie hangat, ia kini sudah bisa kembali dan terbiasa menyantap makanan padat," jelas Walker.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment