Friday, October 12, 2012

Krenyes Renyah Braceria Racikan si Paprika Hitam


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Gaya tradisional Italia dipertahankan di resto ini. Mulai dari susunan menu hingga penyajian hidangannya. Termasuk pizza yang renyah dengan topping jamur porcini yang segar, irisan daging sapi dan topping keju mozzarella dan parmesan parmigiana. Dikunyah selagi hangat, hmm...enaknya!

Resto yang memiliki banyak cabang di Jakarta dan sekitarnya ini selalu saja asyik dikunjungi beberapa kali. Memakai simbol paprika hitam, Pepenero menjadi salah satu tujuan menebus kangen makanan Italia. Interior yang memakai nuansa hitam putih dan semi open kitchen dan bar menjadi ciri khasnya.

Di daftar menu, makanan disusun cara Italia. Dimulai dengan Antipasti, Carpacci, Primi Piati, Secondi Piati, Contorni, Panini, Pizza dan Dolci Della Casa. Namun, jika mengikuti aturan menu ini pastilah perut tak akan kuat menampungnya.

Karenanya saya langsung mengawali santapan dengan Insalata atau salad. Kali ini Insalata Pecorno e Pere Romano (Rp. 48.000,00) yang ringan dan segar jadi pilihan. Disajikan dalam piring oval, potongan daun rocket yang hijau tua segar, diberi taburan keju pecorino yang diserut lebar tipis, pine nuts dan diselingi irisan tipis buah pir dan percikan madu di kelilingnya.

Krenyes, segar sedikit ada semburat pahit, rasa khas rocket yang beradu dengan manisnya madu dan irisan buah pir. Sebuah paduan yang serasi. Taburan pine nut yang renyah gurih membuat salad ini jadi pembuka yang cantik untuk bersantap.

Keranjang berisi aneka jenis roti; bread stick, wonton goreng, foccacia berbentuk bundar dan baquette jadi camilan saat menanti pizza matang. Roti yang hangat empuk ini makin enak dicelupkan ke dalam extra virgin olive oil yang diberi balsamic vinegar. Hmm..empuk renyah dan wangi!

Pizza dan pasta pastinya jadi pilihan mengenyangkan. Karena ingin menyantap yang hangat dan mengenyangkan. Banyak jenis homemade pizza yang ditawarkan dengan aneka topping Italia populer. Braceria (Rp. 73.000,00), salah satu pizza andalan Pepenero disajikan dengan ukuran standar 28 cm, hangat mengepul.

Aroma gurih keju langsung terlacak hidung. Ada lelehan keju di bagian tengah, diselingi irisan cooked beef dan jamur champignon. Saat dikunyah, terasa renyah gurih kulitnya, sementara keju parmesan parmagiananya tajam menonjok dan ditutup dengan mulur lembut keju mozzarella. Pizza renyah tanpa saus tomat inipun langsung jadi favorit saya. Ringan, renyah dengan aksen rasa alami yang kuat. Mamma mia!

Mampir ke resto Italia tak lengkap jika tak mencicipi racikan pastanya. Konon dari racikan pasta akan terlihat hebatnya sang koki, meskipun membuat pasta terlihat mudah. Spaghetti Alla Scoglio (Rp. 57.000,00) dengan paduan seafood segar disajikan dalam porsi yang lumayan besar.

Gurih semerbak aroma seafood mengepul dari pasta ini. Seafoodnya lumayan lengkap, kerang putih, udang, cumi dan kerang hijau bersembulan diselingi cincangan tomat, bawang bombay dan bawang putih plus percikan peterseli cincang yang halus.

Sluuurp! Kuah seafood yang menggenangi spaghetti terasa gurih dengan selingan rasa tomat yang segar. Cumi, kerang dan udang gurih kenyal. Sayangnya udangnya terlalu kecil sehingga sedikit liat. Namun, pasta berbumbu ringan, sedikit asam dan gurih ini terasa pas di lidah. Gaya tumisan seafood yang ringan ini lebih menyegarkan daripada versi saus yang kental dan gurih.

Potongan rotipun ikut menuntaskan sisa-sisa kuah yang ada di keliling piring. Hmm... akhirnya perut terasa padat dan tak ada lagi ruang untuk aneka cake potong yang ditawarkan oleh sang pelayan dalam baki terpisah.

Pepenero Cucina Italiana

Menara Karya Building I floor

Jl. H.R Rasuna Said

Kav 1-2 Mega Kuningan

Jakarta Selatan

Telepon: 021- 579 44727

Plaza Pondok Indah 2

Blok BA 25-26

Jl. Metro Pondok Indah

Jakarta Selatan

Telepon: 021-750 0959


(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment