Tuesday, October 9, 2012

Lambung Bocor Gara-gara Minum Cocktail Mengandung Nitrogen


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Ada baiknya mulai kritis dengan minuman yang sedang trend. Salah-salah bisa jadi korban. Seperti yang dialami Gaby Scanlon yang menjalani operasi lambungnya setelah minum cocktail yang mengandung nitrogen cair yang sedang populer di Inggris.

Kejadian tragis ini dialami saat ia merayakan ulang tahun ke 18 bersama teman-temannya di sebuah bar di Lancaster, Kamis (27/09/2012) lalu.

Dilansir dari dailymail (08/10/2012), setelah meminum cocktail campuran jagermeister dan nitrogen cair tersebut ia mengalami sakit perut yang parah dan kesulitan bernapas. Ia langsung dibawa ke rumah sakit, didiagnosa lambungnya berlubang.

Saat ini remaja yang berasal dari Heysham, Lancashire, Inggris ini sedang berada dalam kondisi stabil. Seorang teman Gaby menyatakan ia sudah diberitahu tentang operasi darurat yang dilakukan di Royal Lancaste Infirmary.

Bar yang menjual minuman tersebut menurut ITV News bernama Oscars di Lancaster. Pihak bar menyatakan mereka sangat prihatin atas kondisi Gaby dan berharap bisa mengunjunginya dan keluarganya.

Bulan lalu, bar tersebut memuat sebuah gambar di halaman Facebook mereka, sebuah cocktail mengandung nitrogen cair yang bernama the Pornstar Martini. Minuman ini dijual seharga 8.95 atau Rp. 138. 000,00 dengan single shot champagne.

Juru bicara Oscars menambahkan, Investigasi ini masih dalam tahap awal, para pihak yang bersangkutan telah bekerjasama dengan semua agensi dan telah melarang minuman yang mengandung nitrogen cair.

Nitrogen cair berevaporasi pada suhu minus 196 derajat celcius, saat ini telah menjadi metode yang umum untuk membekukan makanan dan minuman untuk membuat efek asap yang menarik. Metode ini dipopulerkan oleh chef televisi Heston Blumenthal.

Namun, nitrogen cair hanya boleh digunakan untuk metode mendinginkan gelas atau membekukan bahan-bahan, karena akan menyebabkan rusaknya organ dalam saat dihirup atau dikonsumsi.

Jika ditelan, cairan tersebut bisa membekukan bagian dari mulut, tenggorokan atau perut, yang bisa mengakibatkan luka bakar serius dan bisa menghancurkan jaringan dalam tubuh.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment