Tuesday, October 9, 2012

Malaysia Ciptakan Alat Pendeteksi Produk Halal


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Malaysia kini sedang membuat sebuah sistem pelacakan produk halal. Nantinya, produk ini bisa melacak produk halal dengan menggunakan teknologi jaringan sensor tanpa kabel. Penelitian ini dilakukan oleh National Centre of Excellent for Sensor Technology (Nest) Universiti Putra Malaysia.

Menurut direktur Nest, Professor Borhanuddin Mohd Ali, sistem ini merupakan satu dari banyak proyek yang dilakukan Nest. Produk-produk yang diciptakan ini menggunakan teknologi jaringan sensor tanpa kabel yang dikembangkan oleh Nest.

"Konsep dan ide untuk melacak produk halal ini menggabungkan penggunaan beberapa teknologi seperti sensor jaringan nirkabel dan juga alat pengidentifikasi frekuensi radio. Tujuan dikembangkannya sistem ini adalah untuk memfasilitasi proses verifikasi produk halal dengan melacak komposisi yang digunakan," kata Borhanuddin pada seminar National Wireless Sensor Network seperti dimuat dalam behalal.org Rabu (3/10).

Proyek ini merupakan kolaborasi antara Nest dengan kementrian informasi, komunikasi, dan kebudayaan Malaysia. Hingga kini, belum didapatkan kepastian kapan produk ini akan mulai diluncurkan di pasaran. Menurut Borhanuddin, proyek ini masih berlanjut dan masih menjalani serangkaian percobaan serta penelitian.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment