Tuesday, October 30, 2012

Mengajari Anak Memasak Bisa Membentuk Pola Makan Sehat


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kebiasaan memasak bisa dilatih sejak kecil. Saat mereka tertarik ikut membuat cake atau puding, biarkan si kecil terlibat. Meskipun menghabiskan banyak waktu di dapur, manfaatnya bisa dirasakan kemudian. Karena mengajarkan anak memasak dapat menciptakan kebiasaan makan yang baik.

Tak hanya oleh orang dewasa, kini memasak kerap dilakukan oleh anak-anak. Ketertarikan ini bisa muncul dari seringnya melihat sang ibu memasak di dapur. Apalagi jika masakan yang dibuat terasa enak dan cocok di lidahnya. Dengan penasaran si kecilpun ingin tau cara membuatnya

Seperti yang dilansir dari livestrong.com, sebelum mengajarkan memasak, ajarkan dahulu si kecil membaca resep. Anda bisa menyuruhnya membaca resep sambil menimbang bahan makanan yang akan dipakai. Dengan begitu anak Anda bisa lebih pintar dalam berhitung dan otaknya dapat berkembang dengan baik.

Jika si kecil tak suka sayur atau nasi, bisa diatasi dengan mengajaknya memasak. Buat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan. Dengan begitu si kecilpun akan tertarik dan ingin mencicipi makanan yang dibuatnya. Meskipun bahan makanan yang digunakan adalah sayuran.

Agar si kecil tak bosan ajarkan membuat menu masakan yang berbeda setiap harinya. Misalnya dibuat sup, tumisan, rebus atau kukus. Selain itu variasikan juga jenisnya agar nutrisi hariannya terpenuhi dan membantu ciptakan pola makan yang sehat.

(flo/odi)

0 comments:

Post a Comment