Wednesday, October 17, 2012

Merah Kuning Hijau yang Lembut Lezat


Odilia Winneke,odi - detikFood Jakarta - Bakmi yang satu ini memang memikat warnanya. Ternyata setelah menyentuh lidah, teksturnya terasa mulus lembut dan tipis. Topping ayamnya kenyal gurih dan kaldu yang bening gurih membuat semangkuk mi ini licin tandas lebih cepat. Slruupp... enak!

Waktu melihat banner bertulisan 'mi sehat' dengan embel-embel keterangan cocok buat anak-anak yang tak suka sayuran, pesona 'Mi Pelangi' ini makin menggoda. Lantaran saya bukan penggemar mi dan karena hampir tiap teman yang pernah mampir memujikan lembutnya mi ini saya jadi ingin membuktikannya.

Rumah makan yang berada di deretan ruko ini ternyata masih cukup ramai meskipun sudah agak malam. Semangkuk mi pelangi plus pangsit rebus dan seporsi batagor pun menjadi pilihan. Di dinding terdapat poster yang menjelaskan tentang mi pelangi.

Mi yang merah keunguan dibuat dari bit yang diambil sarinya. Mi yang hijau dibuat dari daun bayam segar. Biasanya mi sehat ada juga yang terbuat dari sari wortel dan sari daun sawi sehingga warnanya memikat. Karena warna-warni inilah maka mi ini diberi nama 'Mi Pelangi'.

Menu andalan rumah makan ini memang mi pelangi. Namun, ternyata ada sederetan makanan lain cukup memikat. Ada nasi tim ayam jamur yang banyak dipesan orang dan bubur sapo ayam, ikam dan sapi yang disajikan dalam sapo, panas mengepul. Juga ada bakso goreng, bakso tahu dan aneka nasi goreng.

Khusus untuk mi selain mi yang biasa bisa dipesan yamien asin atau manis. Yamien asin, mi diaduk dengan kecap asin dan untuk yamien manis, mi dicampur dengan kecap manis. Selain mi ayam bisa dipesan mi goreng.

Semangkuk sedang berisi mi berwarna kuning, hijau dan merah keunguan disajikan hangat mengepul. Di bagian atasnya diberi topping potongan daging ayam yang berwarna kecokelatan, dua buah pangsit rebus plus potongan daun sawi rebus. Semangkuk kecil kaldu ayam yang bening pun menjadi pelengkapnya.

Tampilannya memang tak beda jauh dengan mi umumnya. Hanya saja saat menyentuh lidah, sangat terasa tekstur mi yang lembut mulus. Tak perlu susah mengunyahnya. Ini karena minya sangat tipis dan sangat terasa jika mi memakai campuran telur ayam. Juga tak tercium aroma air abu atau soda. Hanya aroma tepung dan telur yang wangi.

Tekstur lembut mi ini segera menyatu dengan potongan ayam yang kecokelatan, kenyal, sedikit manis. Kulit pangsit rebusnya juga lembut halus seperti tekstur minya. Setelah diaduk dengan sambal rawit yang kental, saus cabai dan siraman kaldu yang gurih ringan, mi inipun terasa makin komplet. Makin cepat pula licin tandas dari mangkoknya.

Batagor yang dipotong-potong disajikan dalam siraman sambal kacang kecokelatan dan halus. Kulitnya terlihat kecokelatan garing. Hmm... sudah terbayang renyahnya batagor ini. Setelah dicocol saus kacang yang halus, langsung terasa gurih renyah dengan aksen manis yang agak kuat.

Setelah diaduk dengan kucuran air jeruk limau plus sambal botol, barulah muncul nuansa manis asam yang sangat enak. Pas untuk dipadu dengan renyah gurih batagor yang hangat. Batagor bisa dipesan per buah bukan per porsi. Jadi tinggal menyesuaikan dengan kapasitas perut saja.

Dibandingkan dengan rumah makan spesial mi yang lain, mi pelangi harganya cukup murah. Per prosi mi pelangi pangsit rebus Rp. 14.000,00, batagor per buah Rp. 3.500,00. Kalau ingin membilas rasa gurih dengan jus sawi yang segar tinggal menambah Rp. 8.000,00. Rasanya saya memang harus kembali untuk mencicipi nasi tim dan bubur sapo yang panas mengepul!

Bakmi Ayam Pelangi

Ruko Tol Boulevard G/1

BSD City, Tangerang Selatan

Telpon: 021-53158245/021-33775656

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment