Tuesday, October 9, 2012

Minuman Soda di Vending Machine Akan Dilengkapi Info Kalori


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Minuman bersoda disebut sebagai minuman yang memicu angka obesitas di Amerika. Karenanya setelah sejumlah pelarangan minuman ini ada sejumlah merk minuman bersoda yang melakukan terobosan baru.

Sebelumnya pelarangan soda ukuran besar di New York disetujui. Menanggapi hal ini beberapa merek soda terkenal seperti Coke, Pepsi, dan Dr. Pepper berencana mengeluarkan vending machine yang dilengkapi info jumlah kalori.

Seperti dilansir dari Associated Press (09/10/2012,) gerakan ini didorong oleh regulasi yang mengharuskan restoran dengan 20 cabang lebih dan vending operator di 20 lokasi harus memberikan info kalori pada produknya. Aturan ini berlaku mulai tahun depan.

The American Beverage Association, yang mewakili Coca-Cola Co., PepsiCo Inc. dan Dr Pepper Snapple Group Inc., menyatakan bahwa informasi kalori akan ada pada tombol untuk memilih minuman.

Walaupun banyak masyarakat yang tidak mendukung, tetapi hal ini dianggap langkah awal yang penting. Kebanyakan orang tidak memikirkan tentang kalori saat mereka memilih minuman di vending machine. Dengan adanya keterangan kalori pada tombol-tombol, akan membantu mereka memilih, kata Mike Jacobson, Executive Director Center for Science of Public Interest.

Vending machine ini akan diluncurkan di kantor kota Chicago dan San Antonio pada tahun 2012 sebelum ditampilkan secara nasional. Tanpa menjelaskan secara spesifik, the American Beverage Association menyatakan pada vending machine akan ditambahkan produk minuman rendah atau tanpa kalori.

Kami telah membuat penelitian pasar yang menyebutkan konsumen menyukai hal ini, Mereka suka saat mereka bisa mempunyai kebebasan memilih, tutur Susan Neely, pimpinan grup tersebut.

Regulasi yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung Amerika ini untuk mendukung program kesehatan Presiden Obama. Pada bulan November, pemilih di Richmond, California juga akan menentukan apakah mereka harus menyetujui pajak satu sen dolar pada minuman manis.

Langkah-langkah ini dilakukan karena warga Amerika dihadapkan pada fakta bahwa konsumsi soda dan berbagai minuman manis ukuran besar lainnya mengakibatkan obesitas pada sebagian besar warganya.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment