Wednesday, October 17, 2012

Nyam... Asyiknya Ngemil Pisang Epe Sore-Sore!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Jajanan khas Makassar memang banyak yang menggunakan bahan pisang. Sebut saja es pallu butung, es pisang ijo, juga yang satu ini, pisang epe. Paduan antara pisang yang dipipihkan lalu dibakar, disajikan dengan saus gula merah cair. Manis-manis legit!

Pisang epe begitu populer di Makassar. Bahkan di pantai Losari, makanan ini menjadi ciri khas. Dinikmati sambil menikmati keindahan laut dan ditemani angin sepoi-sepoi. Harga seporsinya bervariasi, mulai dari Rp. 8.000 berisi 3 buah pisang epe yang lumayan mengenyangkan.

Dalam bahasa lokal, epe memiliki arti jepit. Setelah pisang raja dibakar, lalu dijepit atau dipenyet hingga lebih pipih. Untuk membuatnya, digunakan jenis pisang raja. Pisang raja dipilih karena memiliki aroma yang khas dengan rasa legit manis alami.

Pisang epe biasanya disajikan dengan lelehan gula merah di atasnya. Rasanya antara paduan manis legit di mulut. Namun kini resep ini sudah lebih dimodifikasi, karena selain gula merah, ada juga jenis saus lain seperti saus cokelat dan saus durian. Untuk taburan, sering ditambahkan keju, meisjes, ataupun kelapa sangrai di atasnya.

Karena rasa manis legitnya, pisang epe juga jadi makanan tradisional yang sering disantap saat berbuka. Apalagi jika tersaji hangat dengan aroma khas pisang raja berpadu dengan gula merah leleh. Nyam! Karenanya, jangan lupa mencicipi pisang epe jika sedang berkunjung ke Makassar!

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment