Friday, October 26, 2012

Nyam-nyam Sate Laler yang Bikin Ngiler!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Madura juga punya satu hidangan khas yang spesial. Jika Bali punya sate lilit, Solo punya sate buntel. dan Sumatera Barat punya sate Padang, Madura juga terkenal akan sate lalat. Jka makan sate ini dijamin akan habis lebih dari 10 tusuk!

Sate lalat memang tak dibuat dari hewan lalat sungguhan. Untuk membuatnya, digunakan daging ayam ataupun daging kambing pilihan. Memang tampak seperti sate pada umumnya, namun ciri khasnya adalah ukuran dagingnya yang sangat mungil, bahkan ada yang mengatakan seukuran lalat. Dari sanalah nama sate lalat atau sate laler diciptakan.

Sate lalat biasanya disajikan bersama sambal kacang. Sambalnya berwarna cokelat tua, hasil perpaduan dari kacang, gula merah, cabai dan bawang yang dihaluskan bersama.

Sebelum dibakar, daging dicampur terlebih dulu dengan kelapa parut dan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, putih, kunyit, jintan, jahe, dan lengkuas. Setelah didiamkan beberapa saat, barulah sate siap dibakar.

Jika seporsi sate umumnya berisi 10 tusuk sate, maka lain lagi dengan sate lalat. Karena ukurannya yang kecil-kecil, maka seporsi sate lalat bisa berisi 20 tusuk sate. Di daerah Pamekasan, biasanya sate lalat dijual dengan kisaran harga Rp. 7.000,00 hingga Rp. 12.000,00 perporsinya.

(dyh/dyh) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment