Monday, October 15, 2012

Pada Zaman Purba Ternyata Panda Dimakan Manusia


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Siapa yang tahu ternyata hewan yang menjadi maskot bangsa China ini pada zaman purba diburu dan dikonsumsi. Bukti ini dikemukakan oleh ilmuwan Wei Guangbiao yang menemukan fosil panda di daerah barat daya China.

Panda yang saat ini banyak diburu untuk dipakai kulitnya, mungkin dilihat dalam sudut pandang berbeda oleh manusia zaman purba yang melihatnya sebagai makanan.Menurut Huffingtonpost (15/10/2012), ilmuwan Wei Guangbiao menyatakan manusia zaman purba mengonsumsi panda di sebuah area yang saat ini menjadi bagian dari kota Chongqing di sebelah barat daya China.

Wei selaku Kepala Institute of Three Gorges Paleoanthropology di museum Chongqing, banyak menggali fosil panda. Fosil ini menunjukkan bahwa panda dulunya dipotong oleh manusia, kata Wei.

Pada masa purba manusia tidak akan membunuh hewan yang tidak ada gunanya untuk mereka, karena itu, panda mungkin digunakan sebagai makanan, demikian jelas Wei pada The Chongqing Morning Post.

Pada zaman dahulu panda mempunyai ukuran lebih kecil. Sekitar 10.000-1 juta tahun yang lalu panda liar hidup di pengunungan tinggi Chongqing. Saat ini, pemerintah China berinvestasi besar-besaran dalam meneliti spesies asli dan mencoba untuk menjaga keberadaan mereka.

Jumlah panda di alam liar sekitar 1.600 buah dan mereka terancam karena perburuan..Lebih dari 300 panda hidup dalam marga satwa, kebanyakan dimasukkan kedalam program pengembang biakan China.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment