Monday, October 1, 2012

Percebes, Kerang Unik Dari Spanyol


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Seafood yang mirip kerang kampah ini mempunyai cangkang yang keras berwarna putih di ujungnya dengan warna putih abu-abu. Dagingnya kenyal gurih mirip tiram. Karena mengambilnya penuh risiko, kerang ini harganya relatif mahal.

Dikenal dengan nama Percebes atau Goose Barnacle. Seafood terkenal khas Spanyol ini dijual cukup mahal karena saat mengambilnya di pantai Spanyol bisa berisiko kematian. Percebes diternakkan secara komersial di pantai utara Spanyol di Galacia. Bahkan sebagian diimpor ke Maroko dan Kanada.

Sepesies laut ini menempel pada karang pantai dan pertumbuhan mahluk ini tergantung pada pergerakan air laut. Makin berada di dasar batu, maka dagingnya akan semakin tebal. Bentuknya yang kecil menjadikan Percebes mudah untuk dikonsumsi. Nelayan pemanen percebes dinobatkan sebagai salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia.

Karena Percebes hidup di bebatuan pantai yang banyak ombak, maka para nelayan harus cepat mencabut percebes yang menempel dengan alat seperti linggis sebelum ombak besar menghantam tubuh mereka.

Untuk menikmati Percebes, umumnya orang Spanyol memngolah dengan cara merebus dalamair mendidih yang dibubuhi garam. Setelah lunak barulah diangkat. untuk membuka cangkang bagian atas ditekan dan diputar sehingga daging berwarna cokelat didalamnya bisa dinikmati.

Tempat yang terkenal menjual percebes ini adalah San Miguel, Madrid, Spanyol. Harga 1 kg Percebes mencapai 25 atau sekitar Rp 307.000,00 bahkan di beberapa tempat lain di Spanyol dijual 45 atau sekitar Rp. 553.000,00. Meski mahal banyak orang membelinya karena rasanya yang gurih enak.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment