Wednesday, October 31, 2012

Porsi Buah dan Sayur Untuk Anak Harus Diberikan Tepat


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Nutrisi sangat dibutuhkan si kecil. Karena itu Andapun harus berikan makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Seperti buah dan sayur yang harus diberikan setiap hari. Namun jumlahnya juga harus tepat agar si kecil tetap sehat dan semakin pintar.

Semakin bertambahnya usia dan aktifitas, kebutuhan nutrisi anak juga semakin bertambah. Untuk memenuhinya sayur dan buahpun harus diberikan. Seperti yang dilansir healthy-kids.com.au, buah dan sayur mengandung antioksidan. Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatananya.

Konsumsi buah dan sayur yang dianjurkan untuk anak usia 4-7 tahun sekitar 1-2 porsi buah dan 2-4 porsi sayuran. Untuk anak usia 8-11 tahun sekitar 1-2 porsi buah dan 3-5 porsi sayur. Sedangkan usia 12-18 tahun bisa ditingkatkan lagi jumlah konsumsinya, 3-4 porsi buah dan 4-9 porsi sayur.

Ukuran porsinya sekitar dua potong kecil kiwi atau satu cangkir potongan dadu kecil. Untuk sayuran bisa diberikan dalam setengah cangkir sayuran masak, setengah cangkir kacang-kacangan atau satu buah kentang ukuran sedang.

Jangan lupa variasikan selalu jenisnya atau campur dengan bahan makanan lain seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, nasi atau pasta. Agar nutrisi anak Anda semakin lengkap.

(dyh/odi)

0 comments:

Post a Comment