Tuesday, October 2, 2012

Rekor Mashed Potato Terbesar di Dunia Dipecahkan di Perancis


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Mashed potato yang lembut dan gurih biasanya dihidangkan bersama steak. Karena hanya berfungsi sebagai pelengkap, porsinya tak banyak. Namun, mashed potato yang ini besarnya sampai memecahkan rekor dunia!

Berdasarkan berita yang dilansir NY Daily News (1/10/12), akhir pekan lalu Perancis mencatatkan namanya di Guinness World Records. Sebuah tong besar berisi 1 ton lebih mashed potato berhasil dibuat dalam waktu kurang dari enam jam. Penggagasnya adalah Chef Jol Robuchon dan 200 siswa magang di Perancis.

Chef Robuchon merupakan chef penerima Michelin Star terbanyak di dunia, yakni 28 bintang. Jumlah ini diperoleh dari restorannya yang tersebar di beberapa negara. Untuk pemecahan rekor kali ini, resep yang digunakan merupakan milik Chef Robuchon. Karena itulah hidangan kentang tumbuk tersebut tak bisa dibuat sembarangan.

Mereka menggunakan 800 kg Ratte du Touquet, kentang kecil dengan rasa seperti kacang dan tekstur yang lembut seperti mentega. Menteganya lokal, berasal dari Poitou-Charentes dengan berat 250 kg. Tak lupa, lebih dari 300 liter susu melengkapi hidangan raksasa ini.

Jika mau praktis, sebenarnya mudah saja membuat mashed potato. Tinggal campurkan semua bahan ke dalam mikser, mashed potato jadi dengan cepat. Apalagi sekarang banyak dijual mashed potato instan yang tinggal diseduh. Namun, yang ini harus dibuat satu per satu dengan metode tradisional.

Para sukarelawan harus membuat mashed potato sedikit demi sedikit. Kentang yang sudah dikupas dilumatkan di alat penggiling manual yang harus diputar-putar. Kemudian, kentang dicampur dengan bahan-bahan lain dan diaduk dengan sendok. Setelah jadi, mashed potato dikumpulkan di sebuah tong besar.

Pemecahan rekor ini dilakukan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-25 taman hiburan Le Futuroscope di Poitiers, Perancis. Setelah resmi memegang rekor, mashed potato ini dibagikan kepada pengunjung.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment