Thursday, October 11, 2012

Sarapan Cukup Karbohidrat Tingkatkan Konsentrasi Anak


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Meningkatkan konsentrasi belajar anak bisa dimulai dari makanannya. Pemberian makan yang benar atau menerapkan diet sehat, adalah salah satu solusinya. Seperti sarapan yang merupakan hal penting dan tak boleh terlewatkan.

Rasa lelah, ngantuk dan bosan sering dialami si kecil saat di sekolah. Konsentrasi belajarpun jadi berkurang dan prestasi bisa menurun. Hal ini bisa terjadi karena si kecil kurang mendapat asupan energi dari makanannya.

Untuk mengatasinya, berikanlah sarapan karbohidrat dalam jumlah cukup. Didalam tubuh karbohidrat akan berubah menjadi energi. Selain itu juga akan mengontrol gula darah untuk meningkatkan konsentrasi.

Seperti yang dilansir kidspot.co.nz, beberapa studi menunjukkan, banyak konsumsi karbohidrat bisa meningkatkan suasana hati. Jika suasana hati baik, konsentrasi belajarpun akan meningkat. Inilah yang menjadi alasan mengapa sarapan karbohidrat perlu diberikan pada anak.

Namun jangan pernah tambahkan gula pada menu sarapan si kecil. Jika kelebihan gula dalam darahnya bisa menyebabkan mengantuk dan konsentrasi berkurang. Misalnya saja menambahkan gula pada oatmeal. Akan lebih menyehatkan jika ditambahkan kismis atau potongan buah segar.

(dyh/odi)

0 comments:

Post a Comment