Sunday, October 7, 2012

Sekolah di Florida Pasang Kamera Pemantau Sisa Makanan


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Sebagai usaha mendukung kebijakan makan siang yang baru di Florida, Amerika Serikat, Ketua Lake County School di Florida memasang trash cam. Kamera yang diletakkan di tempat sampah kafetaria ini berguna untuk memantau jumlah makanan yang dibuang di tempat sampah.

Menurut Orlando Sentinel (05/10/2012), Lake County School adalah satu-satunya sekolah di Florida pusat yang menerapkan aturan ini sebelum ditetapkan oleh pemerintah negara bagian.

Petugas memperkirakan total makanan yang dibuang para siswa di tempat sampah bernilai sekitar $75.000 (Rp 719 juta). Hal ini mendorong dewan sekolah untuk melakukan pengawasan pada tempat sampah.

Peraturan federal baru berupa perombakan pertama nutrsi makanan sekolah. Pembaharuan tersebut meliputi menu rendah sodium dan lemak trans, menu gandum, dan lebih banyak buah dan sayur. Aturan ini ditujukan untuk 32 juta siswa yang mengikuti program National School Lunch and Breakfast.

Peraturannya juga menerapkan kalori makan siang. Masing-masing 650 kalori untuk siswa SD, 700 kalori untuk siswa SMP, dan 850 kalori untuk siswa SMU. Menurut ABC News, para siswa membuang makanan sekolah dua kali lipat lebih banyak dari tahun lalu.

Pendekatan lewat trash-cam terbukti mengeluarkan biaya yang mahal, sekitar $2 juta atau Rp 20 miliar. Kamera yang berbentuk sebesar senter kecil memotret nampan makan siang sebelum para siswa duduk dan makan dan nantinya akan memotret makanan sisa.

Program komputer lalu menganalisa foto-foto tersebut untuk mengidentifikasi setiap potongan makanan pada piring dan menghitung jumlah kalori setiap makanan yang dikonsumsi.

Di beberapa tempat lain di Florida, sekolah membuat sebuah taman sekolah yang menawarkan salad bar atau mengundang chef untuk memasak resep yang menggugah selera para siswa.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment