Thursday, October 25, 2012

Si Cantik Zeppole Dibuat Untuk Memohon Hujan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Pizza dan pasta merupakan makanan Italia yang populer di dunia. Untuk pencuci mulut, selain pannacota, Italia punya kue yang cantik dan legit. Mirip donat dengan isian krim yang lembut manis dengan taburan gula bubuk.

Zeppole dibuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk bundar kemudian digoreng. Umumnya berdiameter 10 cm dan ditaburi gula bubuk. Bentuknya nyaris seperti donat, bedanya permukaan kue ini bergelombang dan bagian tengahnya diisi dengan puding, jelly atau krim yang dibuat dari mentega dan madu.

Jika bagian tengahnya tidak diisi krim, zeppole disajkan bertumpuk membentuk piramida. Setelah digoreng warnanya kecokelatan dan permukaannya sedikit kering. Gula bubuk yang manis melengkapi gurihnya zeppole. Teksturnya renyah di bagian luar dengan krim yang lembut di bagian dalam.

Selain untuk hidangan penutup, dinegara asalnya zeppole juga selalu disajikan saat perayaan St. Joseph sejak berabad-abad silam di Sisilia, Italia. Kue ini disajikan sebagai persembahan dan berdoa untuk meminta hujan.

Tak hanya di Italia, kue ini juga terkenal di Amerika Serikat. Biasanya disebut dengan crispellis. Bagian tengahnya dibelah untuk diisi dengan keju ricotta yang dicampur dengan potongan buah, cokelat dan madu. Kandungan kalori pada zeppole tidak terlalu banyak sekitar 160 kkal, 5,9 g lemak, 11 g karbohidrat dan 1,5 gram protein.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment