Sunday, October 28, 2012

Slruup... Sedapnya Sup Udang Khas Brazilia!


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Brazilia terkenal dengan berbagai hidangan lezatnya. Seperti Brazilian barbeque yang menggunakan daging sapi, domba, atau seafood. Untuk hidangan pembuka, ada sup seafood yang gurih dengan aroma harum dan makin enak dihirup hangat.

Capixaba moquecas merupakan sup yang berasal dari negara bagian Espirito Santo, di pantai Tenggara Brazil. Bahan dasaranya berupa ikan, udang, kepiting atau lobster. Dibumbui dengan bawang putih, tomat, ketumbar dan minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa.

Sedangkan kuahnya yang merah dan kental bukan berasal dari santan atau kunyit. Melainkan menggunakan buah urucum yang bentuknya seperti bijian dan kulitnya mirip buah rambutan. Sup ini selalu dimasak dengan panci tahan liat. Sebelum digunakan panci harus diolesi minyak beberapa kali.

Hidangan ini tersaji dalam dua varian yaitu Moqueca Capixaba dari Esprito Santo dan Moqueca Baiana dari negara Bahia di wilayah Timur Laut. Bedanya moqueca Capixaba dipengaruhi oleh masakan Brazil sedangkan moqueca Baiana dipengaruhi oleh masakan Afrika yang menggunakan kelapa sawit, santan, udang dan kepiting.

Hidangan pembuka yang dikenal dengan sup udang ini biasanya disajikan bersama nasi putih. Dengan pelengkap pirao yaitu sejenis kecap ikan yang dibuat dari tepung yucca. Capixaba moquecas juga digemari di wilayah Vitoria, Brazil. Sering dibuat oleh sebuah organisasi bernama pan-maker atau As Paneleiras.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment