Friday, October 5, 2012

Sluuurp! Dingin Segar Bir dari Testis Banteng!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Ada-ada saja kreasi perusahaan pembuat bir ini. Setelah bir dibuat dengan janggut manusia, kini orang mewujudkan bir berbahan testis banteng yang sebelumnya hanya menjadi lelucon. Hmm... pastinya dingin segar dan sensasional!

Testis banteng, babi, atau domba memang menjadi konsumsi manusia di beberapa wilayah di Amerika. Di Amerika bagian utara, testis banteng yang sudah dikupas dilapisi tepung, merica, dan garam, lalu digoreng. Terkadang, bagian tubuh hewan ternak ini dimemarkan terlebih dahulu sebelum digoreng. Hidangan bernama 'Rocky Mountain oyster' ini biasa disajikan sebagai appetizer dengan cocolan saus cocktail.

Senin (8/10/12) mendatang, Wynkoop Brewing Company di Denver, Colorado, Amerika Serikat, akan meluncurkan bir 'Rocky Mountain Oyster Stout'. Di kemasannya tertulis '7% ABV, 3 BPB'. ABV adalah singkatan dari 'Alcohol by Volume', sementara BPB adalah kependekan dari 'Balls per Barrel'. Ya, bir ini berbahan tiga buah testis banteng.

Berdasarkan informasi yang dirilis website Wynkoop, bir ini terinspirasi dari video lelucon pada April Mop lalu. "Waktu itu kami mengatakan telah meluncurkan bir yang terbuat dari testis banteng," tulis kepala pemasaran Wynkoop, Marty Jones.

Disebutkan bahwa bahannya terbuat dari malt organik asal Colorado, hop, air Rocky Mountain, serta testis dari banteng yang diternakkan secara bebas. Bahkan, Andy Brown sebagai head brewer Wynkoop memperlihatkan pencampuran testis banteng ke dalam bahan-bahan bir.

Di videonya, staf Wynkoop menyebutkan bahwa bir stout ini terasa sangat lezat dan creamy. "Selain itu juga kaya rasa, mulai dari roasted barley dan kopi hingga cokelat dan kacang," ujarnya dengan bercanda. Di akhir video, tertulis bahwa minuman ini tersedia mulai 1 April dan terbatas dua gelas per konsumen.

Ide mewujudkan minuman berbahan daging muncul setelah membuat video tersebut. "Berbulan-bulan setelah video jadi, kami dan para penggemar bir kami masih saja menertawakannya," kata Jones. Ia juga mencicipi bir oyster stout yang dibuat Odell Brewing untuk restoran Jax. Menurutnya, bir tersebut enak.

Ia bertemu dengan orang-orang yang menonton dan menyukai videonya. Jones juga menyebarkan press release dan tautan video tersebut. Para pembuat bir dan jurnalis bir menyukai ide tersebut dan menyangka bahwa bir ini betulan ada. Mereka ingin mencoba sampelnya, begitupula dengan orang-orang yang mampir ke pub Wynkoop. Karena itulah Jones dan timnya merealisasikan bir tersebut.

'Rocky Mountain Oyster Stout' terbuat dari base malt, barley panggang, tujuh specialty malt (termasuk special B dan malt asap), serta hop Styrian Golding. "Juga ada sedikit sea salt yang mempertegas rasa Rocky Mountain oyster dan menambah teksturnya," jelas Jones.

Bir stout bergaya asing ini memiliki karakter tegas. Birnya agak kental dengan warna cokelat yang pekat. Rasa sirup cokelat, Kahlua, dan espresso terasa sama-sama pekat. Kadar alkohol tercicip jelas dengan jejak gurih seperti umami. Usai diteguk, bir ini terasa dry dan roasted dengan gigitan hop yang pudar dengan cepat.

Selain tersedia di Wynkoop, bir ini juga akan dihadirkan di Great American Beer Festival, 11-13 Oktober 2012 mendatang, di Denver.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment