Tuesday, October 9, 2012

Sosok di Balik Konsistensi Rasa Whiskey Jack Daniel's


Ine Yordenaya - detikFood Jakarta - Jack Daniel's. Merek whiskey asal Tennessee ini digagas oleh pria bernama Jasper Newton 'Jack' Daniel pada pertengahan tahun 1850 silam.

Saat itu, Jack sendiri yang berperan sebagai master distiller. Ia turun tangan mengawasi seluruh proses pembuatan whiskey yang dikenal dengan botol perseginya itu. Mulai dari penggilingan, peragian, fermentasi, sampai proses akhir pengemasan dan whiskey siap diminum.

Jabatan master distiller bisa dibilang sangat prestisius. Sepanjang lebih dari 140 tahun merek Jack Daniel's hadir sampai saat ini, hanya ada tujuh master distiller.

Yang pertama tentunya adalah sang legenda, Jasper Newton 'Jack Daniel'. Setelah Jack meninggal di tahun 1911, jabatan tersebut lalu dipegang oleh Lem Motlow (1911-1941). Lalu berturut-turut diemban oleh Lem Tolley (1941-1964), Jess Gamble (1964-1966), Frank Bobo (1966-1988) dan Jimmy Bedford (1988-2008).

Sejak 2008 sampai sekarang, adalah Jeff Arnett yang menjadi master distiller. "Tidak semua orang bisa menjadi master distiller. Orang tersebut semacam punya karunia khusus," tutur Wes, pemandu wisata di pabrik Jack Daniel's di Lynchburg, Tennessee, Amerika Serikat, saat detikfood berkunjung beberapa waktu lalu.

Salah satu peran Jeff sebagai master distiller adalah memastikan rasa whiskey Jack Daniel's saat ini sama seperti saat dibuat seratusan tahun lalu. "Jeff memastikan kualitas whiskey sudah sesuai standar. Dalam satu atau dua isapan, dia bisa merasakan sampai 200 aroma yang harus ada dalam satu botol whiskey," jelas Wes.

Jeff mengawali karir di pabrik Jack Daniel's sejak tahun 2001. Ia masuk di tim quality control. Semenjak itu ia belajar menempa diri menjaga kualitas Jack Daniel's di seluruh tahapan produksi. Mulai proses penyulingan, penyimpanan, sampai pengemasan.

"Adalah bagian dari pekerjaan saya untuk memastikan tidak ada yang berubah. Untuk meneruskan konsistensi produk kami yang sudah terkenal di seluruh dunia," tutur Jeff Arnett dalam rilis yang diterima detikfood.

(ine/ine) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment