Sunday, October 28, 2012

Tarte Tatin, Tart Apel yang Dibuat Dua Wanita


odi - detikFood Jakarta - Sekilas, kue ini terlihat seperti up side down cake dengan topping buah yang berkilau. Kue asal Prancis ini rasanya gurih renyah dengan aksen renyah segar irisan buah apel. Lapisan karamel di atasnya membuat rasanya legit enak.

Kue ini dikenal orang Perancis dengan sebutan tarte des demoiselles Tatin yang artinya kue dari dua wanita yang tidak menikah bernama Tatin. Tetapi, siapa sangka dessert klasik Perancis ini dibuat secara tidak sengaja.

Topping kue ini biasanya dibuat dari apel yang diberi karamel sebelum seluruh kue dipanggang. Karamel ini dibuat dari mentega dan gula yang dimasak hingga kecokelatan. Tekstur toppingnya yang lembut dan adonan kue di bawahnya renyah menghasilkan sebuah kue yang sangat lezat.

Sejarah awal kue yang dimasukkan kedalam kelompok tart apel ini ternyata dibuat secara tidak sengaja di Hotel Tatin di Lamotte-Beuvron, Prancis pada tahun 1880-an.

Hotel ini dikelola oleh dua bersaudara Stephanie dan Caroline Tatin. Suatu hari Stephanie sedang bekerja lembur dan mulai membuat pie apel tradisional, teapi ia meninggalkan mentega dan gula dimasak terlalu lama.

Setelah mencium bau gosong, ia mencoba untuk menyelamatkan hidangan tersebut dengan menambahkan adonan kue di atas wajan yang berisi apel tersebut. Lalu, menyelesaikannya dengan memanggang seluruh wajan berisi kue ke dalam oven.

Lalu, ia membalik hidangan tersebut dan ternyata saat disajikan mendapat respon positif dari para pengunjung hotel. Tarte Tatin pun langsung terkenal dan menjadi hidangan khas hotel tersebut.

Untuk membuatnya bahan yang dibutuhkan tepung, mentega, gula halus, kuning telur, potongan apel, dan air jeruk lemon. Pertama, panaskan oven sampai 250 derajat celcius. Lalu buat adonan kue terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung, mentega, gula halus, dan kuning telur.

Untuk topping, campurkan apel dengan air lemon agar warnanya tidak kecokelatan. Masak gula sampai menjadi karamel dan masukkan potongan apel sampai apel menjadi lembut. Lalu, gilas adonan kue dengan rolling pin. Bentuk adonan menjadi bundar dan letakkan di atas adonan karamel apel.

Selanjutnya, panggang dalam oven hingga berwarna kuning kecokelatan. Siapkan piring untuk meletakkan kue. Hati-hati membalik wajan dan saat seluruh kue sudah terlepas sajikan dengan whipped cream atau es krim vanili. Bon apptit!

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment