Saturday, October 20, 2012

Terbukti Nutrisi Buah Bubuk Sama Dengan Buah Segar


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Ada banyak cara untuk menikmati sepotong buah segar. Dibuat jus, campuran puding atau salad buah tatau dibuat selai. Buah segar juga diolah menjadi bubuk dan bisa ditaburkan dalam makanan atau minuman. Bagaimana dengan nutrisinya?

Ilmuan asal Spanyol telah mengembangkan cara untuk membuat buah kering menjadi bubuk. Juga diketahui bahwa manfaatnya tidak berubah untuk kesehatan. Buah bubuk ini apat membantu memenuhi porsi harian buah dan sayur segar.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, buah yang sudah berbentuk bubuk ini bisa dicampurkan pada makanan atau minuman. Karena itu para peneliti berharap, agar banyak orang dapat merasa lebih nyaman karena nutrisinya terpenuhi.

Temuan baru yang dikembangkan langsung oleh Universitat Politecnica de Valencia ini, juga bertujuan untuk mengatasi kurangnya konsumsi buah di Inggris.

Ada 3 buah yang baru telah dicoba dikeringkan, yaitu grapefruit, kiwi dan strawberry. Para peneliti mengolahnya menjadi bubuk dan siap ditaburkan pada makanan sebagai nutrisi tambahan. Buah ini dipilih karena mengandung kadar air yang tinggi dan dapat membusuk lebih cepat.

Seperti yang dituturkan Nuria Martinez Navarrete kepada Daily Mail, Grapefruit adalah buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi namun masih jarang yang mengonsumsinya, karena rasanya agak pahit.

Menurut para peneliti, per 100 gram grapefruit segar, akan menghasilkan 10-15 gram grapefruit bubuk. Meskipun dibuat bubuk, manfaat buah untuk kesehatan tidak berkurang, bahkan kandungan antioksidannya masih ada.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment