Wednesday, October 31, 2012

Terjebak Kelezatan Satai Kambing Kuah Kacang


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Saat udara malam mulai terasa dingin, kepulan wangi asap sate kambing yang sedang dibakar sungguh sangat menggoda. Akhirnya sepiring sate kambing yang empuk gurih dengan cocolan sambal kacang yang legit gurih jadi pengisi perut yang kosong. Mari nyate kambing!

Daerah Roxy, Jakarta Barat, menjadi surga bagi penggemar hidangan kambing. Di jalan Biak berjejer penjual sate dan sup kambing di warung tenda sederhana. Mereka mulai buka sejak azan Magrib berkumandang sampai pertengahan malam.

Mungkin saya hanyalah satu dari sekian banyak korban yang 'terjebak'. Aroma kepulan asap lemak sate kambing yang sedang dibakar sukses membuat saya menepi. Belum lagi wangi gurih sup kambing yang menguar sembarangan. Ah, tak ada salahnya mampir sebentar bukan?

Tempat makan yang saya datangi bernama 'Dudung Roxy'. Dibanding warung tenda di sekitarnya, yang ini paling luas. Pelayannya banyak dan berseragam kuning. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi, namun kali ini lumayan sepi.

Pilihan menunya hanya sate dan sup kambing serta soto Betawi. Untuk minumannya, ada es campur, es teler, kelapa muda, kopyor, serta alpukat. Karena sedari tadi tergoda oleh asap bakaran sate, saya pesan sate kambing (Rp 3.500/tusuk) dan sepiring nasi (Rp 5.000). Bumbunya? Kacang.

Memang sate kambing umumnya menggunakan bumbu kecap plus potongan tomat, bawang merah, dan cabai rawit. Namun, saya ingin mencicipi yang sedikit berbeda. Penasaran pula ingin mencoba racikan bumbu kacang Si Dudung.

Makanan dan minuman pesanan saya datang tak begitu lama kemudian. Sepuluh tusuk sate kambing dilumuri saus kacang yang cincangannya masih agak kasar, dituangi kecap, lalu ditaburi bawang goreng. Sepiring nasi dengan taburan bawang gorengpun tak lupa diantarkan. Langsung tancap!

Hmm... Bumbu kacangnya gurih, manis, dan nikmat. Teksturnya yang agak kasar berpadu dengan daging sate yang lumayan kenyal dan bawang goreng yang renyah. Potongan dagingnya tak terlalu besar, namun bumbu kacangnya dituangkan dengan royal. Sayang, nasinya sedikit pera.

Untuk minumnya, saya memesan es teler (Rp 10.000). Minuman ini disajikan di mangkuk es besar bertangkai dan tak diisi penuh. Daging kelapa muda, kerokan alpukat, dan potongan nangka bercampur dengan es serut dan siraman susu kental manis. Slurp... Es yang manis dengan citarasa tropis ini meluncur ke perut!

Di tempat ini, saya pernah mencoba sup kambing isi daging (Rp 6.500/potong) dan es alpukat kerok (Rp 10.000). Sup kambingnya berkuah putih kekuningan karena campuran susu dan minyak samin. Gurih dan wangi samin. Asinnya juga pas.

Potongan dagingnya ada yang sedang, adapula yang besar. Saat dikunyah, teksturnya terasa kenyal. Dagingnya tanpa tulang, namun masih terdapat lemak menempel. Hidangan ini dilengkapi dengan potongan tomat, daun bawang, serta emping dan bawang goreng.

Es alpukatnya mirip es teler, namun tanpa kelapa muda dan nangka. Potongan alpukatnya lebih banyak, sehingga rasanya manis gurih. Daging alpukat yang sudah masak lumat dengan mudah di mulut.

Tampaknya, dibanding warung tenda di sekitarnya, Dudung Roxy merupakan tempat makan yang dikelola secara profesional. Pembayaranpun dilakukan dengan mesin kasir. Tak heran, cabangnya sudah ada 12 di penjuru Jakarta dan Tangerang! Jadi kalau kedinginan, mampirlah menghangatkan perut di sini!

Sop Kambing Dudung Roxy

Jl. Biak, Roxy (depan BCA)

Telepon: 021-71377088, 021-93887088

Tanjung Duren Barat I/16, Jakarta Barat

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Mall Kelapa Gading 3 lantai 3, Jakarta Utara

Muara Karang, Jakarta Utara

Grand Indonesia lantai 3, Jakarta Pusat

Mall Ambassador lantai 4, Kuningan, Jakarta Selatan

Bellagio Mall lantai 2, Mega Kuningan, Jakarta Selatan

Pasaraya lantai dasar, Blok M, Jakarta Selatan

Wisma BCA lantai basement, Sudirman, Jakarta Selatan

Bursa Makanan BEJ, Jakarta Selatan

Jl. KH. Hasyim Ashari No. 43, Ciledug

Summarecon Mal Serpong lantai 2, Tangerang

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment