Saturday, October 27, 2012

Terlambat Berikan MP-ASI Bisa Sebabkan Diare Pada Anak


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Bayi berusai 0-6 bulan, harus diberi ASI eksklusif. Setelah itu barulah dapat diberikan makanan pendamping. Berupa bubur susu atau makanan lainnya yang dilumatkan. Namun jika MP-ASI diberikan terlambat bisa berakibat buruk untuk kesehatan si kecil.

Setelah usia enam bulan si kecil sudah dapat diperkenalkan dengan makanan lumat atau halus. Kemampuannya mencerna makanan mulai berkembang. Indra pengecapnya juga sudah bisa merasakan makanan yang diberikan. Saat inilah si kecil mulai dapat menentukan jenis makanan yang disukainya.

Pemberian MP-ASI tidak boleh terlambat, karena bisa berdampak buruk untuk kesehatannya. Kebutuhan nutrisipun jadi tidak tercukupi. Rahang mulutnya yang tidak biasa mengunyah makanan bisa membuat si kecil jadi sulit mengunyah dan menelan makanannya di tahapan usia selanjutnya.

Tidak hanya itu, pemberian MP-ASI yang terlambat bisa membuat pencernaan si kecil tidak bekerja dengan baik. Karena itulah saat diberikan makanan si kecil akan mengalami diare, sembelit dan mual.

MP-ASI juga tidak baik jika diberikan terlalu dini. Karena sistem pencernaan yang belum sempurna. Masuknya makanan lain selain ASI berakibat buruk untuk pencernannya. Jika si kecil merasa lapar jangan sekali-kali berikan makanan, cukup berikan ASI hingga ia merasa kenyang.

(dyh/odi)

0 comments:

Post a Comment