Thursday, October 25, 2012

Ternyata Sushi California Roll Tidak Berasal Dari Jepang


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kalau makan sushi mungkin Anda sering memesan California Roll. Sushi gulung berisi mentimun, alpukat, dan daging kepiting yang dilapisi nori ini banyak disukai orang di dunia. Tahukah Anda bahwa sang pencipta ternyata berasal dari Kanada?

The Globe and Mail (25/10/2012) mewawancarai Hidekazu Tojo yang dikenal sebagai penemu California Roll. Pria berumur 62 tahun ini sudah meraih banyak penghargaan kuliner selama 40 tahun lebih karirnya sebagai chef. Saat ini ia tinggal di Vancouver, Kanada, dan mempunyai restoran bernama Tojos Restaurant.

Sebelum ia memutuskan untuk pergi ke Vancouver pada tahun 1971, ia belajar banyak soal dasar memasak di rumahnya di selatan Jepang. Kemudian ia ke Osaka untuk mempelajari lika-liku menjadi chef Jepang.

Saat berada di Vancouver, kebanyakan orang setempat tidak mengonsumsi ikan mentah. Ketika berbelanja, ia mendapati ikan yang kurang segar dan berminyak. Karenanya ia membeli langsung pada nelayan untuk mendapatkan ikan paling segar.

Ternyata mereka hanya punya ikan segar yang ditangkap tiga sampai empat hari sebelumnya. Padahal yang ia butuhkan adalah ikan segar yang baru ditangkap pagi untuk disajikan saat makan siang. Karena itu, ia mengganti bahan ikan mentah dengan daging kepiting.

Ia menambahkan, hal lainnya yang tidak dimakan oleh orang Barat adalah rumput laut. Jadi saat Tojo membuat sushi ini, ia membalik lapisan rumput laut di dalam dan nasi di bagian luar. Padahal, hal ini melanggar tradisi pembuatan sushi Jepang.

Banyak orang yang menyukai sushi kreasinya. Saat itu banyak orang dari luar kota mulai mencicipi sushi ini. Pelanggan paling banyak berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat. Karena itu, sushi roll ini dinamai California Roll.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment