Tuesday, October 2, 2012

Uenake Rek Jajan Rujak Cingur Blauran!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Buat wong Suroboyo rawon dan rujak cingur jadi makanan paling dahsyat yang dirindukan. Karenanya buat mereka tempat inilah yang jadi destinasi. Rujak cingurnya medok legit gurih pedas. Rawonnya mlekoh bumbunya. Jajan yuk rek!

Di Surabaya, pasar Blauran jadi salah satu destinasi favorit menikmati hidangan a la kota pahlawan. Tapi tak cuma di Jawa Timur, Jakarta juga punya Blauran. Tapi yang satu ini adalah rumah makan mungil rumahan di tengah hiruk pikuk jalan Fatmawati.

Meski panas terik, niat menyantap rujak cingur dan nasi rawon tentu tak boleh surut. Begitu masuk ke dalam warung Blauran, seketika lupa jika baru saja melewati jalanan yang panas terik plus macet. Kami langsung mengambil posisi duduk. Di sini, hanya tersedia 3 meja makan besar, jadi jangan heran jika Anda duduk semeja bersama pengunjung lain.

Meskipun letaknya persis di depan jalan Fatmawati, namun kesan rumahan kental terasa di sini. Foto-foto tempo dulu plus pajangan antik terpajang di dinding. Belum lagi dekorasi dan furnitur klasik yang masih dipertahankan. Yang mencolok adalah TV flat modern berukuran lumayan besar di bagian tengah.

Rujak cingur dan nasi rawon yang sudah jadi sasaran utama langsung dipesan. Harus menunggu sekitar 20 menit hingga pesanan diantar. Maklum, kami kalah cepat dengan orang kantoran yang juga santap siang disini. Untungnya segelas es jeruk (Rp. 8.000) duluan diantarkan. Sayapun menunggu sambil ngemil kerupuk warung sambil melihat proses pengolahan menunya yang open kitchen, alias disekat kaca bening besar.

Hmm, rujak cingur datang duluan. Seporsi rujak cingur (Rp. 25.000) tampak menggoda dengan isian melimpah. Warna bumbunya coklat pekat mengilap dengan aroma petis menyengat. Kacangnya sudah digiling halus dengan tambahan gula merah dan cabai.

Begitu dicicip, rasanya manis-manis pedas dengan rasa petis yang nendang. Isiannya terdiri dari tahu, tempe, mangga, toge, bengkoang, timun, kangkung, dan juga irisan cingur yang kinyil lembut. Dipadukan dengan lontong yang teksturnya padat lembut. Wuenakk! Jangan lupa dinikmati dengan kerupuk warung yang banyak disediakan. Kriuk-kriuk campur legit enak rujak cingur!

Beres mencicip rujak cingur, saya tergoda untuk segera menyantap nasi rawon (Rp. 29.000). Memang jika ingin mampir ke sini, siapkan perut karena porsinya lumayan besar. Sulit rasanya untuk menikmati sejenis hidangan saja jika mampir.

Dilihat sekilas, rawonnya berisi irisan daging sapi dengan irisan yang besar-besar, lalu disiram dengan kuah hitam pekat yang menebarkan aroma sedap. Bikin penasaran!

Sayapun mencicip kuahnya yang masih mengepul hangat. Hmm, gurih enak! Rasa asin gurihnya tak berlebihan dan pas, dengan aroma dan rasa khas kluwek yang khas. Jangan lupa tuangkan kecambah yang disediakan dan juga sedikit sambal jika suka pedas.

Yang istimewa, potongan daging sapinya dipilih yang tanpa lemak dengan irisan yang besar-besar. Dijamin bikin puas! Rasanya empuk lezat dengan rasa kuah yang sudah meresap hingga ke dalam karena proses pemasakan yang lama.

Penasaran dengan tahu telornya, sayapun memaksakan diri untuk mencoba. Pasalnya, jika rujak cingur dan nasi rawonnya memenuhi ekspektasi lidah, maka tahu telurnya bisa dipastikan punya rasa yang istimewa juga.

Tahu telor (Rp. 15.000) tersaji hangat di depan saya. Terdiri dari potongan tahu lembut yang dibungkus dengan kocokan telur dan digoreng garing. Kemudian disajikan dengan bumbu kacang plus petis yang wangi gurih. Tampilan bumbunya mirip-mirip dengan bumbu rujak cingur, karena komposisinya kurang lebih sama.

Tahunya lembut enak dengan kriuk gurih dari telur. Disuap bersama bumbu kacangnya yang gurih enak. Lagi-lagi, makin uenak jika disantap bareng kerupuk putih.

Karena pulang dengan hati dan perut yang puas, bisa dipastikan saya bakal balik lagi di lain hari. Selain tempat yang sederhana dan homey plus makanan Jawa Timuran lezat, ada value tambahan yaitu pelayanan dari satu keluarga beda generasi yang ramah dan sigap melayani. Yuk mampir!

Kantin Blauran Surabaya

Jl. Cipete Raya No. 33D

Jakarta Selatan (Seberang D'Best Fatmawati, dekat ATM BNI)

Tep: 021-7507216

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment