Monday, October 29, 2012

Wah, Ada Patung Dada Obama Terbuat dari Mentega


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Wajah Obama menatap dingin dari sebuah lemari kaca. Kulitnya kuning pucat dan lengket. Posisinya stabil meski tanpa badan, tangan dan kaki. Kali ini, presiden Amerika Serikat tersebut hadir dalam wujud patung mentega.

Untuk kesekian kalinya, Presiden Barack Obama menjadi obyek produk atau karya seni. Patung dada yang terbuat dari mentega ini merupakan yang teranyar. Penggagasnya adalah Mathew Wilson dan Adam Brooks, dua seniman Inggris yang tinggal di Chicago, AS. Mereka dibantu oleh Bob Kling, pematung dari Ohio.

Kling menggunakan mentega tanpa garam untuk membuat patung dada seukuran 1,5 kali aslinya. "Kalau memakai mentega yang asin, hasilnya tak akan sehalus ini. Malah cenderung hancur," ujarnya. Ia bekerja selama tiga hari di sebuah pabrik daging yang dingin.

Setelah jadi, patung dada Obama dimasukkan ke dalam lemari berpendingin dengan pintu kaca transparan. Pada Jumat (26/10/12), karya seni ini dipindahkan dari Grant Park Packing dengan troli.

Perjalanan ke Chicago Cultural Center memakan waktu empat jam. Pasalnya, kulkas ini harus ditarik perlahan agar patungnya tidak rusak. Sesekali mereka berhenti di kafe atau warung untuk menyolokkan kabel kulkas, sehingga patung mentega awet sampai tujuan.

Berdasarkan berita yang dilansir Huffington Post (27/10/12), membuat patung dari mentega merupakan tradisi Amerika populer, khususnya pada pekan raya Midwest. Patung dada ini dinamai 'The Harvest' karena pembuatnya berusaha 'memanen' (harvest) atau menuai tanggapan dari mereka yang melihatnya.

Wilson mengaku ingin membuat karya seni ini sejak Obama terpilih sebagai presiden. "Patung tersebut dibuat untuk menghargai makna historis Obama dan bagaimana kepresidenannya dilihat di Amerika," ujarnya. Ia membantah bahwa karya seninya terkait dengan pemilihan presiden pada 6 November 2012 mendatang.

Sebelum akhirnya bekerjasama dengan Kling, Wilson dan Brooks kesulitan mencari seniman yang dapat membuat patung mentega tersebut. Meyakinkan Klingpun tak mudah, karena ia khawatir karya seninya akan rusak saat dibawa berkeliling. Meski belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, Wilson dan Brooks berhasil membuat Kling percaya.

"Kami menyatukan dua fenomena Amerika, yakni presiden dan seni membuat patung dari mentega," kata Wilson, seperti dikutip dari Sun Times (25/10/12).

Karya seni ini merupakan bagian dari pameran 'Industry of the Ordinary: Sic Transit Gloria Mundi'. Menurut NBC Chicaco, patung dada Obama akan dipajang sampai Februari 2013.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment