Tuesday, October 9, 2012

Whoopie, si Manis Empuk yang Bikin Ketagihan


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Ukurannya lebih besar sedikit dari cookies. Sekilas tampak seperti cookies berukuran besar. Mirip burger dengan isian di tengahnya. Dua potong cake berbentuk bundar dengan beragam isian ini kini banyak disukai orang. Maklum, rasanya manis dan empuk. Yummy!

Namanya Whoopie pie, dan awal mula dibuat dari resep Amish Pennsylvania. Saat ini kue ini sudah tersebar di seluruh penjuru Amerika. Menurut ahli sejarah makanan, perempuan Amish membuat dessert ini yang dulunya dikenal dengan nama Huckelbucks atau creamy turtles. Biasanya disajikan pada petani. Saat petani menemukan dessert ini di kotak makan siang, mereka berteriak Whoopie! Karenanya dinamai whoopie.

Whoopie pie ini merupakan dessert spesial karena dalam resep aslinya dibuat dari adonan sisa kue. Bahan-bahan yang diperlukan sederhana. Seperti cake umumnya, rasa dan kreasi Whoopie bisa sesuai selera. Saat ini yang paling banyak dibuat adalah whoopie pie cokelat, red velvet, dan labu.

Cake untuk whoopie terbuat antara lain dari tepung terigu,cokelat bubuk, soda kue, garam, buttermilk, vanilla, mentega, gula, dan telur. Krim di tengahnya dibuat dari mentega, gula halus, krim marshmallow, dan vanilla.

Teknik membuatnya seperti cake biasa. Setelah adonan siap lalu dicetak bentuk bundar 5-6 cm di atas loyang datar lalu dipanggang hingga matang. Setelah matang dan didinginkan barulah diberi adonan isiannya. Bagian bawah cake diolesi adonan isi lalu ditutup dengan sepotong cake lainnya dan dirapatkan kembali seperti sandwich. Nah, whoopie siap disantap!

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment