Monday, October 22, 2012

Wouw, Mangkuk Ini Bisa Dimakan!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Saat piknik, peralatan makan plastik, kertas, atau styrofoam sering menjadi pilihan karena praktis. Sayangnya, bahan-bahan ini tak ramah lingkungan dan dapat menumpuk menjadi sampah. Bagaimana kalau memakai mangkuk yang bisa dimakan?

Ya, mangkuk yang bisa dimakan memang betulan ada. Namanya 'Edible Tableware', buatan Rice-design Co. Ltd. Jepang. Edible Tableware adalah roti kering berbahan tepung, garam, margarin, dan ragi yang dibentuk seperti mangkuk. Roti tersebut dipanggang seperti roti biasa, sehingga dapat disantap berikut isinya.

Menurut website Rocket News 24 (22/10/12), ada banyak pertimbangan dalam membuat mangkuk ini. "Tak hanya bisa dimakan, mangkuk ini juga harus terasa enak agar tak dibuang begitu saja. Kami sangat menghindari hal tersebut," ujar juru bicara Rice-design Co. Ltd. Saat digigit, hanya ada sedikit jejak asin terasa, sehingga cocok untuk makanan apa saja.

Mereka juga memperhitungkan agar mangkuk ini pas tebal dan teksturnya. Setelah mencoba berkali-kali, akhirnya mereka menemukan mangkuk yang enak dimakan namun tak mudah pecah atau menyerap cairan.

Mangkuk ini dapat dibeli di The Edible Tableware Shop dengan harga 130 yen (sekitar Rp 15.600) per buah. Edible Tableware dijual satu set isi 10 buah mangkuk. Masa kadaluwarsanya 45 hari setelah pembelian.

Sejak dipasarkan pada 2010, respon dari dalam dan luar negeri terbilang cukup bagus. Di luar Jepang, Edible Tableware sudah dipakai di 50 negara untuk pesta dan acara lainnya. Bahkan, seorang chef Perancis pernah memesan 4000 buah untuk acara santap malam dengan Dalai Lama ke-14!

Saat ini hanya mangkuk yang bisa dipasarkan. Piring dan sendok atau sumpitnya dinilai masih kurang kuat untuk dipakai sebagai peralatan makan. Oh ya, karena tak menggunakan susu maupun produk turunannya, mangkuk ini bisa disantap oleh vegan maupun vegetarian.

Selain Edible Tableware, ada banyak jenis gelas yang bisa dimakan. Mulai dari yang terbuat dari cokelat, cookies, jello, gummy, permen keras, hingga daging!

Tertarik membeli? Selain ramah lingkungan, peralatan makan yang bisa disantap ini tentu menjadi pusat perhatian di pesta Anda!

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment