Tuesday, October 30, 2012

Yokan, Si Legit Manis Dari Taiwan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Anda penggemar agar-agar? Warnanya yang menarik membuat penggemarnya ketagihan. Potongan buah atau potongan roti sering dijadikan toppingnya. Tak hanya di Indonesia, ternyata dessert agar-agar ini juga tersaji di Taiwan.

Yokan merupakan dessert tebal yang dibekukan. Biasanya terbuat dari pasta kacang merah, agar-agar dan gula. Rasanya manis dan berketstur kenyal. Warnanya cokelat kemerahan, namun ada juga yang berwarna hijau. Penyajiannya hampir sama dengan agar-agar umumnya, dipotong persegi dan disajikan dingin.

Dessert asal Taiwan ini juga digemari di Jepang. Mulanya yokan terbuat dari gelatin domba. Pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh Buddha Zen di Kamakura. Karena saat itu ada larangan membunuh hewan maka bahan untuk membuat yokan diganti dengan terigu dan kacang azuki.

Tak hanya dibuat dari pasta kacang merah. Ada juga yang menggunakan pasta kacang kedelai dan ditambahkan susu. Terkadang juga diberikan warnai dengan bubuk teh hijau. Dan teksturnya cenderung jadi lebih ringan. Gula juga bisa diganti dengan madu, gula merah atau molasses. Hidangan penutup ini tidak tampil polos, bagian tengah yokan berisi cincangan chesnut, buah ara dan ubi jalar.

Meskipun disajikan dingin, yokan sering dijadikan teman minum teh saat sore. Tak perlu waktu khawatir jika seloyang yokan tak habis dimakan. Camilan manis ini bisa disimpan dalam waktu lama di suhu ruang atau dalam kulkas.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment