Tuesday, September 18, 2012

Kurangi Makan Daging Selamatkan Lingkungan


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sebuah penelitian di Inggris menemukan sebuah fakta soal konsumsi daging merah. Menurut para peneliti dari University of Cambridge, mengurangi konsumsi daging merah tak cuma baik untuk tubuh, namun juga memberikan efek positif bagi lingkungan.

Daging merah menjadi menu yang disukai banyak orang. Selain karena kandungan protein yang tinggi, daging merah juga menjadi santapan lezat yang disukai tua maupun muda.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost (11/09/2012), peneliti mencari tahu soal jumlah daging yang banyak dikonsumsi orang dewasa di tahun 2000-2001. Selain itu juga diteliti soal seberapa banyak emisi gas yang dihasilkan saat mengolah 45 jenis makanan yang berbeda.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris tersebut, mengurangi konsumsi daging merah bisa menurunkan risiko penyakit kronis dari 3 hingga 12 persen. Mereka yang jarang mengonsumsi daging justru lebih rendah resiko terkena diabetes dan juga penyakit jantung. Tak hanya itu, hal ini juga bisa mengurangi jejak karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

The Telegraph juga memaparkan jika pria yang terbiasa mengonsumsi 91 gram daging per hari, lalu dikurangi hingga 53 gram perhari, risiko terkena diabetes tipe 2 berkurang hingga 12 persen. Sisi positif lainnya adalah mengurangi asupan daging sama saja dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment